SD MAPAN Dau Wujudkan Generasi Islami, Berprestasi dan Berwawasan Global

  • 20-09-2019 / 18:01 WIB
  • Kategori:Sekolah
SD MAPAN Dau Wujudkan Generasi Islami, Berprestasi dan Berwawasan Global

MALANG - Mewujudkan generasi Islami yang berprestasi dan berwawasan global, menjadi spirit SD Muhammadiyah 08 (SD Mapan) Dau Kabupaten Malang untuk menjadi sekolah unggul. Berbagai pembiasaan pun terus digembleng untuk mencetak siswa-siswi berjiwa akhlakul karimah.

Pembiasaan tersebut antara lain salat Dhuha, Dhuhur, dan Ashar berjamaah yang diikuti oleh seluruh siswa mulai kelas I hingga VI. Sesuai visi SD Mapan memujudkan generasi Islami sehingga peserta didik dilatih sejak dini agar memiliki kesadaran yang tinggi untuk bisa menjalankan ibadah sesuai dengan syariat agama Islam.

Kepala SD Mapan Siti Alfiyah S.Pd mengatakan, dengan pembiasaan inilah harapan sekolah bisa mencetak lulusan yang baik sesuai syariat agama Islam.  "Setelah salat dhuha siswa diajak mengaji bersama dan pembiasaan hafalan Jus Amma. Yang terbaru kami ada pembinaan khusus mengaji dan hafalan Al Quran," ujar Alfi, sapaan akrabnya kepada Malang Post.

Pembinaan khusus tersebut bekerja sama dengan Ma'had Abdurrahman bin Auf UMM setiap Rabu dan Kamis. Peserta kegiatan ini diseleksi dari masing-masing kelas.  Selain dari sisi keagamaan, SD Mapan memiliki segudang prestasi akademik dan non akademik. Dalam bidang akademik, sekolah ini sering mewakili Kabupaten Malang dalam olimpiade Matematika SD tingkat Provinsi.

Di tahun 2019 prestasi akademik yang pernah diraih di antaranya juara 1 olimpiade Matematika di ajang Macovest dan juara 2 lomba rangking Macovest tingkat provinsi. Sementara di bidang non akademik mendapat juara 2 dan 3 perkemahan Hisbul Wathan Milad HUT ke 110 Muhammadiyah se-Kabupaten Malang.

"Pembinaan siswa ada yang dari guru itu sendiri, ada pula diambil pelatih dari luar, rutin setiap hari dengan memanfaatkan waktu di sela-sela kegiatan regular. Dan intensitas latihan meningkat ketika mendekati event," urainya.

Sementara untuk menggali dan mewadahi bakat siswa serta membentuk karakter siswa, SD Mapan memiliki berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Di antaranya Tapak Suci dan Hizbul Wathan sebagai ekskul wajib bagi siswa serta 9 kegiatan pilihan lainnya.

"Mereka dibina rutin di kegiatan reguler dan ekstrakurikuler, khususnya untuk event lomba ada kaitannya dengan ekskul sehingga sekolah berupaya membina siswa seoptimal mungkin agar berprestasi. Baik di bidang akademik maupun non akademik," tandasnya.

Pembelajaran reguler SD Mapan dilakukan mulai pukul 06.30 -14.00 setiap Senin-Jumat. Sedangkan ekstrakurikuler mulai pukul 14.00 - 15.30. Setiap harinya kegiatan belajar mengajar ditutup dengan shalat Ashar berjamaah.

Kirab Pendidikan Sambut Muharram  

Menyambut Tahun Baru 1441 Hijriyah, SD Mapan menggelar kegiatan yang sarat akan makna dan pembentukan karakter dan mental anak, pada Jumat (13/9) lalu. Bila umumnya sekolah lain biasa saja, SD Mapan mengerahkan seluruh siswa, guru dan karyawannya untuk mengikuti Kirab Pendidikan yang juga menyambut Milad Muhammadiyah ke 110.

Siswa kelas 1 sampai 6 mengenakan busana bertema Nusantara sangat antusias mengikuti pawai. Tak sampai di situ, iring-iringan pawai juga dimeriahkan drum band SD Mapan yang membuat suasana makin semarak. Dalam kesempatan itu PT DMC juga melakukan CSR membagikan 2.500 butir telur sebagai rangkaian Gerakan Makan 100 Juta Butir Telur Kemenpan. (lin/lim/Malangpostonline.com)

Editor : lim
Uploader : irawan
Penulis : lin
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU