SMK PIM Jadi Pioner Jurusan Baru Farmasi Industri di Kota Malang

  • 21-09-2019 / 15:53 WIB
  • Kategori:Sekolah
SMK PIM Jadi Pioner Jurusan Baru Farmasi Industri di Kota Malang PIONER: Farmasi Industri di SMK PIM menjadi pioner jurusan baru kefarmasian di Kota Malang. 

MALANG- SMK Putra Indonesia Malang (PIM) yang berlokasi di Jalan Barito No. 5 Malang membuka jurusan baru Farmasi Industri. Jurusan ini digadang gadang menjadi jurusan Farmasi Industri pertama di Kota Malang. Pasalnya banyak sekolah swasta di Kota Malang yang membuka jurusan Farmasi Klinis. 

Jurusan yang dibuka pada tahun 2017 ini telah memiliki lima rombongan belajar dengan total peserta didik 142 orang. 
Kompetensi Keahlian Farmasi Industri di SMK PIM menerapkan kurikulum 2013 versi 2017 dengan muatan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dan sistem belajar tuntas. 

"Dengan mengusung pembelajaran farmasi yang mengadopsi kegiatan di industri farmasi kegiatan pembelajaran praktik dirancang untuk menyiapkan peserta didik untuk mempelajari tentang produksi obat dan aspek industrinya”, tambah Siti Zubaidah, S.Pd, Kepala SMK PIM 

Lebih lanjut Kepala SMK yang juga merupakan alumni SMK PIM menjelaskan bahwa melalui pengembangan kompetensi farmasi industri peserta didik dibekali pengetahuan mengenai obat beserta kandungan dan tata cara produksinya. 

“Sebagai kompetensi tambahan di peserta didik kompetensi keahlian Farmasi Industri dibekali muatan lokal Farmasi Kosmetika serat farmasi klinis untuk menambah peluang kerja,” jelasnya. Dijelaskan bahwa selain bekerja di industri, peserta didik setelah lulus mampu bekerja di apotek.

Guna mengaplikasikan proses pembelajaran di sekolah, maka SMK PIM mewajibkan peserta didik  Farmasi Indutri  untuk mengikuti kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan). PKL dilaksanakan di instansi kesehatan (Apotek, puskesmas) dan industri yang dilaksanakan selama tiga bulan. Saat ini peserta didik kelas XII angkatan pertama tahun 2017 sedang melaksanakan kegiatan PKL di instansi kesehatan dan industri. 

Diantaranya PT. Balatif, UPT Material Medica Batu, PT. Natura Laboratoria Prima, Merck Sharpe Dohme Pharma, Kimia Farma Jombang, Puskesmas Gribig, Puskesmas Kedung kandang, Puskesmas Kendalkerep, Puskesmas Janti, Puskermas Arjuno, dan Puskesmas Kendalsari. (mar)

Editor : mar
Uploader : irawan
Penulis : ist
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU