Kuasai Trouble Shooting, SMKM 1 Kepanjen Juarai Kontes Honda Nasional

  • 19-10-2019 / 16:00 WIB
  • Kategori:Sekolah
Kuasai Trouble Shooting, SMKM 1 Kepanjen Juarai Kontes Honda Nasional

Malangpostonline.com - Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang, Rio Bagus Jiwandono, berkesempatan mendapatkan beasiswa kuliah di Politeknik Manufaktur (Polman) PT Astra, Jakarta. Ini setelah ia dinilai memiliki skill terbaik pada bidang servis sepeda motor.

Penghargaan beasiswa ini diterima bersamaan dengan penyerahan hadiah juara 1 usai ajang final Astra Honda Skill Contest Nasional ke-10 for Vocational Schools (SMK) di Jakarta, 15-17 Oktober 2019 lalu. Kompetisi nasional ini diikuti 30 finalis peserta yang merupakan siswa SMK binaan Kelas Honda dari seluruh Indonesia.

Guru pembimbing TBSM SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Taufiq Afandi mengungkapkan, kompetisi Astra Honda ini mencakup penilaian penguasaan teori, praktik meja (PM) hingga 15 kali, dan trouble shooting.

"Rio Bagus berhasil mendapatkan peringkat tertinggi dengan total skor akhir 521,5. Delapan kali soal praktik pekerjaan mesin bahkan bisa dilalui dengan skor 100," kata Taufiq Afandi, Sabtu (19/10) siang.

Pada ajang Honda Contest ke-10 ini, juga diikuti lomba kompetensi guru SMK tingkat nasional. Guru produktif TBSM SMKM 1 Kepanjen, Agus Yulianto, juga masuk peringkat 9 nasional hasil lomba yang diikuti 27 peserta finalis se-Indonesia ini.

Diraihnya juara 1 Astra Honda Contest nasional ini, merupakan pencapaian puncak SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen di ajang serupa. Sebelumnya, peringkat juara 3 didapatkan pada kompetisi tahun 2015, dan turun di peringkat ke-7 nasional pada 2018 lalu.

Rio Bagus Jiwandono sendiri adalah siswa program keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) yang selama ini tergabung Kelas Honda. Selama beberapa tahun, kelas Industri ini juga dibina langsung dari PT Mitra Phinastika Mulia (MPM) Malang.

Selain Rio Bagus, lulusan TBSM SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Asrofi, juga sudah mendapatkan beasiswa Polman PT Astra, dan kini sudah memasuki semester 2 (TBSM). [amn/Malangpostonline.com)

Editor : amn
Uploader : slatem
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU