Penerimaan Bantuan PIP, 40 Ribu Lebih Kartu dan Rekening Siswa Diaktivasi

  • 22-10-2019 / 14:25 WIB
  • Kategori:Sekolah
Penerimaan Bantuan PIP, 40 Ribu Lebih Kartu dan Rekening Siswa Diaktivasi

Malangpostonline.com - Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) bagi pelajar SD Kabupaten Malang memasuki masa pencairan akhir tahun ini. Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Malang memfasilitasi pendampingan untuk aktivasi KIP maupun rekening siswa penerima, Selasa (22/10/2019).

"Ada 40 ribu lebih siswa SD calon penerima PIP. Bagi pemegang KIP lama atau yang masih baru, sama-sama harus diaktivasi kartu dan rekeningnya sebelum pencairan," kata Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Slamet Suyono, usai pembinaan di kantornya, Selasa (22/10) siang.

Dikatakan, yang ditangani Dinas Pendidikan sifatnya verifikasi dan dicocokkan berdasarkan dapodik. Hasilnya, nanti data siswa calon penerima dikirim ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk dikeluarkan SK pencaiaran bantuan.

Slamet mengungkapkan, tiap siswa penerima bantuan PIP akan mendapatkan Rp 450 ribu melalui rekening masing-masing. Bantuan ini diberikan sampai siswa lulus.

"Banyak ditekankan tadi agar proses penerimaan bantuan PIP ini lancar dan kalau bisa lebih mudah. Ya, aktivasi KIP ini memang menjadi salah satu syaratnya," terang Slamet.

Ia merinci, bantuan PIP yang akan diterimakan untuk dua tahun anggaran 2018 dan 2019, menyesuaikan tahun ajaran berjalan.

Dalam sosialisasi ini, pihaknya sengaja mengundang pihak BRI Kanwil dan Cabang, sehingga apa yang keluhan atau masalah bisa segera diantisipasi nantinya selama proses pencairan.

Dalam proses pencairan nantinya, kata Slamet, paling banyak ditangani pihak BRI Cabang Marthadinata Malang yang membawahi 24 Unit Kantor Cabang Pembantu di wilayah kecamatan.

"Kami berharap dengan pendampingan aktivasi ini, nantinya proses penerimaan bantuan PIP semakin mudah dan lancar. Termasuk, jika domisili siswa dengan bank sangat jauh, maka bisa ada solusi saat pencairannya," tegasnya.

Dari laporan yang diterimanya, proses penerimaan PIP dari pihak bank selama ini terus mengalami peningkatan. Menurutnya, jika pada 2017 harus ada pengembalian 45 persen dana PIP akibat pencairan yang terkendala, maka tahun berikutnya pencairan bisa mendekati 95 persen, yakni antara 91% sampai 98%. (amn/Malangpostonline.com)

Editor : amn
Uploader : slatem
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU