Santri SMA Islam Sabilillah Pamer Inovasi

  • 22-10-2019 / 17:55 WIB
  • Kategori:Sekolah
Santri SMA Islam Sabilillah Pamer Inovasi

Malangpostonline.com - Puluhan karya ilmiah berupa Project Based Learning (PJBL) dipamerkan oleh siswa-siswi SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School. Di Hari Santri Nasional, Selasa (22/10) kemarin, mereka yang juga Santri Ma'had Sabilillah Malang ini, unjuk karya di bidang sains dan teknologi.

Semua karya dipamerkan di stand yang dibagi menjadi dua area, putra dan putri. Beberapa karya sudah berupa produk. Misalnya produk makanan yang diolah dari bahan limbah yang biasanya tidak terpakai. Ada juga berupa produk lilin aroma terapi. Sebagian lagi masih berupa konsep dengan rancangan yang siap dikembangkan. Seperti Alternative Solar Roaster, yaitu kompor berbahan panel Surya. Simple Vacuum Cleaner, alat sedot debu yang praktis terbuat dari barang-barang bekas. Solar Panel, solusi pembangkit listrik yang murah dan mudah.

Yang tak kalah unik, ada  robot dari barang bekas yang menghasilkan audio. Alat ini sudah hampir selesai dibuat oleh siswa. Hanya tinggal melengkapi perangkatnya dengan beberapa kaleng minuman yang berfungsi sebagai sumber suara.

"Kita buat alat ini agar lebih mudah menghafal Alquran. Caranya dengan menyimpan file audio Alquran ke dalam sistem robotnya," ujar Musa Dhiaulhaq, salah satu siswa.

Melalui berbagai karya mengesankan tersebut, siswa-siswi SMA Islam Sabilillah Malang, membuktikan diri sebagai pelajar atau santri di abad 21. Karya-karya mereka di bidang sain dan teknologi mencerminkan sebuah inovasi dan kreativitas tingkat tinggi. Meskipun sebagian berupa konsep dan ide, namun layak untuk dikembangkan menjadi produk-produk teknologi tepat guna atau dengan level yang lebih tinggi.

Hebatnya, di berbagai karya tersebut para siswa mampu mengintegrasikan ilmu sains dengan ayat-ayat Alquran. Mereka mendeskripsikan hasil analisisnya berupa kajian sains Alquran dalam sebuah makalah. Karena selain berupa produk, karya PJBL juga diwujudkan dalam karya tulis. 

Kepala SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School, Luqman, M.Pd, mengatakan Santri SMA Islam Sabilillah Malang harus menjadi santri yang  mampu hidup dengan inovasi di abad 21. Hal itu disampaikannya, dalam peringatan HSN kemarin. (imm/oci/Malangpostonline.com)

Editor : oci
Uploader : slatem
Penulis : Imam W.
Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU