Juara 1 Lomba Guru Prestasi Jatim, Guru MIN 1 Kota Malang Melaju Ke Tingkat Nasional

  • 03-11-2019 / 10:11 WIB
  • Kategori:Sekolah
Juara 1 Lomba Guru Prestasi Jatim, Guru MIN 1 Kota Malang Melaju Ke Tingkat Nasional BANGGA: Guru MIN 1 Kota Malang Indah Kurniawati, S.Ag. M.Pd, menerima penghargaan sebagai Juara 1 Guru Prestasi MI tingkat Jawa Timur

Malangpostonline.com - Media pembelajaran monopoli yang dikembangkan oleh guru MIN 1 Kota Malang, Indah Kurniawati, S.Ag. M.Pd, telah mengantarkannya menjadi juara 1 lomba guru prestasi MI tingkat Jawa Timur. Indah Kurniawati dinobatkan menjadi juara 1 Jatim, setelah mampu membuktikan dan meyakinkan para juri bahwa media monopoli menjadikan pembelajaran lebih efektif.  

Kepala Malangpostonline.com, Indah mengatakan ada tiga hal yang menarik baginya untuk mengembangkan metode pembelajaran dengan media monopoli.
Pertama, monopoli sebagai media yang murah dan mudah dibuat, bisa mengakomodir tiga ranah yg ada dalam proses pembelajaran. Yakni ranah afektif, kognitif dan psikomotorik. "Sekali dalam pembelajaran dengan menggunakan satu media dapat mencakup tiga ranah tersebut," terangnya.

Kedua, tidak semua madrasah masuk kategori high class. Banyak madrasah yang berada di pinggiran atau secara finansial sangat terbatas. Maka dengan media tersebut, bahan bekas pun bisa dibuat untuk meningkatkan  minat belajar siswa. 

Ketiga, usia siswa MI masih usia bermain. Dengan media monopoli secara tidak langsung guru mengajak anak belajar sambil bermain, atau sebaliknya. "Karena kalau memakai cara konvensional atau teori saja anak-anak akan bosan. Guru harus berinovasi dengan pembelajaran yang menarik," kata dia. 

Prestasinya di Jatim bermula dari lomba yang diadakan lingkup internal madrasah saat memperingati HUT MIN 1. Saat itu Indah Kurniawati dinyatakan sebagai pemenang, dengan KTI berjudul 'Penerapan Penggunaan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa'. 

Kemudian ia diproyeksikan oleh kepala madrasah untuk mengikuti lomba guru prestasi tingkat kota. Dengan karya ilmiah yang sama ditambah dengan masukan dan motivasi dari kepala madrasah dan guru-guru lainnya, Indah berhasil menjadi juara 1 tingkat kota. 

Selanjutnya ia mewakili Kota Malang ke  tingkat Jawa Timur. Berkas portofolio dan satu karya ilmiah yang diajukan di tingkat kota dikirimkan ke tingkat Jawa Timur pada tanggal 10 September 2019. 

Karya-karya guru MI perwakilan dari seluruh kota dan kabupaten SE Jawa timur diseleksi kembali untuk masuk grand final sebanyak lima guru. Salah satunya Indah dari MIN 1 Kota Malang. Mereka mempresentasikan karya ilmiahnya di depan para juri dari beberapa perguruan tinggi. 

Indah merasa bersyukur menjadi yang terbaik dengan meriah juara 1 di tingkat provinsi meskipun empat kandidat yang lain sudah pernah mengikuti lomba guru prestasi dan masuk lima besar di tahun sebelumnya. "Ini karena besarnya karunia Allah dan berkat dukungan dari rekan-rekan guru . Dukungan mereka begitu berarti, berupa motivasi, masukan dan doa yang begitu saya rasakan imbasnya saat lomba," tuturnya.

Sebagai juara 1 tingkat Jatim saat ini telah mengirimkan berkas portofolio dan karya artikel ilmiah untuk diseleksi di tingkat nasional. Hasil seleksi tersebut nantinya akan diumumkan dalam waktu dekat. Seperti di tingkat provinsi, lima peserta yang masuk grand final akan mempresentasikan KTI mereka pada Minggu ketiga bulan November ini. "Mohon doanya, semoga bisa masuk lima besar untuk presentasi di tingkat nasional dan bisa menjadi juara," harapnya. (imm/Malangpostonline.com)

Editor : imm
Uploader : irawan
Penulis : Imam W.
Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU