Supervisi dan Monitoring, Kemendikbud Puji Tefa SMK PIM

  • 07-11-2019 / 16:41 WIB
  • Kategori:Sekolah
Supervisi dan Monitoring, Kemendikbud Puji Tefa SMK PIM LIHAT: Kasubdit Kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, Widiyanto (tengah) melihat hasil pengolahan air di ruang Tefa milik SMK PIM.

Malangpostonline.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI melakukan supervisi dan monitoring Teaching Factory (Tefa) di SMK Putra Indonesia Malang (PIM) Jalan Barito No 5 Kota Malang. Kegiatan supervisi dan monitoring itu dilakukan langsung oleh Kasubdit Kurikulum, M. Widiyanto, S.Pd, MT.

Supervisi dan monitoring yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019 tersebut, mendapat pujian dari Widiyanto sendiri. Ia berkeliling ke seluruh lingkungan sekolah dibawah binaan Yayasan Putera Indonesia (PIM) dan melihat semua ruangan yang dipergunakan untuk program Tefa.

Seperti ruang tempat untuk menampilkan produk-produk kecantikan hasil karya siswa-siswi SMK PIM dan pengolahan air serta yang terbaru laboratorium pembuatan Aquades. “Bagus….bagus,” pujinya kepada beberapa staf SMK PIM yang ikut memberikan penjelasan kepadanya selama berkeliling.

Ia menjelaskan, program Tefa merupakan pendekatan pembelajaran yang cukup permanen di sekolah, sehingga Tefa harus ada di setiap sekolah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor  41 Tahun 2015. “Tefa diharapkan mampu memperkuat bisnis sekolah, harus menghasilkan produk dan dijual,” terang  Widiyanto.

Menurutnya, Tefa tidak asal tempel. Yang artinya setelah dibangun kemudian tidak dipergunakan secara maksimal. Sementara itu, Ketua Bidang Pendidikan Yayasan PIM, Dr. Sentot Joko Raharjo, M.Si. mengucapkan terima kasih atas bantuan Tefa di SMK PIM. 

“Harapan kedepan tentang Tefa di SMK PIM mampu menjadi sarana pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik. Apalagi dengan hasil Tefa seperti produk-produk kecantikan yang dibuat anak-anak sudah banyak yang dijual melalui online ataupun offline,” tegasnya. (mar/Malangpostonline.com)

Editor : mar
Uploader : irawan
Penulis : ist
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU