Usung Kepahlawan Masa Kini, Ratusan Pelajar MTsN 6 Aksi Crosswalk Unik

  • 08-11-2019 / 15:47 WIB
  • Kategori:Sekolah
Usung Kepahlawan Masa Kini, Ratusan Pelajar MTsN 6 Aksi Crosswalk Unik

Malangpostonline.com - Ada yang menarik di simpang empat jalan poros Kepanjen Kabupaten Malang, Jumat (8/11) siang. Pawai kecil dan atraksi dilakukan puluhan remaja dalam berbagai atribut tepat di penyeberangan zebracross saat lampu merah. 

Tak ayal, aksi di sela-sela showcase di zebracross simpang empat ini menjadi pemandangan unik pengendara yang berhenti saat lampu merah. Berbagai atraksi Crosswalk ini dilakukan bergantian di empat jalur zebracross, diiringi musik yang melibatkan setidaknya 25 pasukan yang beraksi sambil membawa tempeh.

Tempeh-tempeh yang diarak ini diantaranya bertulisan 'Pahlawan Milenial, UMKM pahlawan ekonomi, Pasukan kuning pahlawan lingkungan, NKRI Harga Mati'.

Selain flashdance oleh pasukan tempeh, ditampilkan juga iring-iringan Pasukan Jendral Sudirman yang menandu sang Jenderal. Sejurus kemudian, disusul iringan rombongan YES JEK, sebagai simbol proses transformasi pahlawan Kemerdekaan ke pahlawan Masa Kini.

Di sisi lain, sejumlah pelajar berjajar di setiap sudut simpang empat memamerkan 74 foto Pahlawan dan pelaku UMKM yang terpampang pada Standing Frame. Sejumlah pelaku UMKM juga hadir di ajang showcase ini untuk mengenalkan produk kerajinan dan olahannya, seperti kain batik, agar lebih dikenal masyarakat luas.

Kepala MTsN 6 Kepanjen Dr Sutirjo, MPd mengungkapkan, aksi showcase di zebracross simpang empat Kepanjen ini sejatinya memeringati Hari Pahlawan 10 Nopember. Menurutnya, kegiatan sengaja dikemas lebih atraktif, dan tidak terlalu seremonial seperti biasanya. 

"Harapannya, tersampaikan pesan tentang pahlawan milineal. Bahwa, pahlawan itu dimensinya sesuai lingkungan dan jamannya. Jadi, apapun dan bagaimanpun itu, jika bisa mendatangkan bermanfaat, maka sesungguhnya bisa dikatakan sebagai pahlawan," demikian Sutirjo. 

Ditambahkan, kegiatan yang dilakukan memiliki tema khusus 'Bersama 1.000 Siswa, UMKM Bangun Pahlawan Entrepreneur Milineal. Sebelumnya, diawali kegiatan Live In (magang) 1.000 siswa ke 200 UMKM di Kabupaten Malang. Salah satunnya, magang membatik di Watu Brengos di Mojosari, Kepanjen. 

"Dengan magang membatik ini sesungguhnya (melihat perjuangan) dengan keuletan dan kesabaran, juga nguri-nguri warisan budaya luhur yang harus dijaga dan dilestarikan," pungkas Sutirjo. (amn/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU