Siswa Digembleng Potensinya di Studio Prestasi

  • 13-11-2019 / 20:37 WIB
  • Kategori:Sekolah
Siswa Digembleng Potensinya di Studio Prestasi Achievement Studio memawadahi semua potensi siswa baik akademik maupun non akademik, salah satunya Jurnalistik yang beberapa kali melahirkan juara

Malangpostonline.com – Upaya pengembangan sekolah terus dilakukan SMA Nasional di berbagai bidang, khususnya dalam membuat terobosan baru guna mendapatkan lulusan unggul. Salah satu di antaranya adalah Achievement Studio atau Studio Prestasi yang akan mewadahi keterampilan siswa untuk dikembangkan lebih lanjut.

Sebelumnya untuk mengetahui bakat dan minat alami siswa maka mengukuti uji 10 sidik jari yang mampu menampilkan Analisa Psikobiometrik. Dari hasil tersebut kemudian diketahui siswa bakat di bidang apa, selanjutnya dilakukan tes psikologi dan tes kemampuan akademik.

“Di sekolah kami ada tiga jurusan yakni IPA, IPS dan Bahasa, dari IPA sendiri ada tiga keilmuan Fisika, Kimia dan Biologi sehingga dengan uji 10 sidik jari akan ketahuan bidang mana yang paling dikuasai, begitupun juga jurusan IPS,” ujar Kepala SMA Nasional, Drs. Rusdi, M.Si.

Dengan hasil itulah, SMA Nasional hanya fokus pada kelebihan anak daripada kelemahan anak agar potensi siswa terlihat dan mudah dalam pengembangan. Sehingga peserta yang masuk ke dalam Achievement Studio dan diketahui kemampuan yang dominan apa baik dari segi akademik mupun nonakademik maka akan dikembangkan secara maksimal.

Melalui cara itulah maka sekolah lebih mudah mengorbitkan siswa lantaran beban siswa tidak terlalu tinggi. Hadirnya Acheivement Studio sudah diberlakukan sejak awal tahun ajaran baru dan sudah diterapkan kepada seluruh siswa kelas X SMA Nasional Malang. 

“Saya formulasikan juga bahwa bakat dan minat itu satu paket, ketika anak suka bidang studi Biologi maka kecenderungan kemampuannya di bidang Biologi, maka ketika kami kelola kemampuan dan minatnya yang sesuai maka tidak sulit mendorong bakatnya tersebut,” jelas Rusdi.

Salah satu upaya pengembangan tersebut yakni guru bertanggungjawab dengan kelebihan siswa. Misalnya dia siswa kecenderungannya terhadap pelajaran Kimia maka akan menjadi anak buah guru Kimia dan guru tersebut harus 24 jam siap untuk melayani peserta didik tersebut.

Ia melanjutkan, pemetaan ini sudah berjalan sejak 3 tahun lalu dengan bekerja sama dengan lembaga psikologi dan pihak Pasca Sarjana Psikologi UM. Selama itulah diketahui ketika SMA Nasional fokus pada kemampuan siswa menunjukkan pengaruh terhadap kualitas lulusan yang lebih baik.

“Dari situlah kami merasa perlu membuat Achievement Studio sendiri untuk mengetahui potensi siswa, sehingga ketika mereka masuk ke sini sudah ketahuan. Selain mengetahui bakat anak juga untuk mengukur kemampuan akademik siswa,” urai Rusdi.

Demi pengembangan lebih lanjut, kedepan SMA Nasional pada tahun ajaran baru akan membuat sistem baru yakni kelas tidak lagi berjenjang seperti kelas regular tetapi sudah terdapat kelas Kimia, Geografi, Biologi dan lainnya. Serta fokus selama beberapa hari belajar satu bidang tersebut.

“Yang Biologi masuk di ruangan Biologi selama beberapa hari, baru pada Rabu atau Kamis, Jumat dan Sabtu masuk di ruang umum di luar pelajaran yang diminati tersebut, sistem ini akan mulai dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2020/2021,” tandasnya. (lin/Malangpostonline.com)

Editor : lin
Uploader : irawan
Penulis : lin
Fotografer : lin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU