MGMP Fisika SMK Negeri dan Swasta Ikuti Pelatihan Penentuan Media Pembelajaran

  • 18-11-2019 / 11:04 WIB
  • Kategori:Sekolah
MGMP Fisika SMK Negeri dan Swasta Ikuti Pelatihan Penentuan Media Pembelajaran PELATIHAN: Kepala SMK PIM, Siti Zubaidah membuka pelatihan media pembelajaran kepada peserta MGMP Fisika oleh Dr Syarif Suhartadi, dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Malangpostonline.com - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika SMK Negeri dan Swasta di Malang Raya mengikuti pelatihan media pembelajaran oleh Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (UM), Dr. Syarif Suhartadi, Sabtu (16/11). Pelatihan tersebut dilakukan selama sehari di kampus SMK Putra Indonesia Malang (PIM), Jalan Barito No 5 Kota Malang.  

Saat pelatihan itu, disebutkan penentuan media pembelajaran berdasarkan dua hal. Yakni perumusan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran. Perumusan tujuan yang  ideal harus meliputi A (Audience), B (Behavior), C (Condition) dan D (Degree). Dengan rumusan tujuan pembelajaran yang tepat, guru dapat menentukan media yang digunakan untuk mengajar.

Kepada malangpostonline.com, Kepala SMK PIM, Siti Zubaidah, S.Pd menerangkan strategi model pembelajaran dimulai dari ranah C1 hingga C6, yaitu mengingat, pemahaman, aplikasi, analisis, evaluasi serta kreasi. “Tahapan ini dibedah satu persatu sehingga peserta MGMP memahami trik-trik setiap tahap dan dapat menentukan media pembelajaran yang sesuai,” ungkapnya.

Dicontohkan dalam pelatihan ini, tentang teknik A hingga D dalam menghitung arus listrik yang mengalir. A atau Audience adalah siswa. Lalu B atau Behavior merupakan menghitung arus listrik yang mengalir, C atau Condition dengan melihat gambar rangkaian listrik dan D atau Degree yakni salah satu cabang untuk memandu proses penilaian atau penskoran. 

Baca Juga: Tingkatkan Mutu Pendidikan,YPIM Gelar Workshop Penyusunan Dokumen SPMI

“Dengan melihat gambar rangkaian listrik, siswa dapat menghitung arus listrik yang mengalir pada  salah satu cabang. Bila menggunakan rumusan tujuan pembelajaran seperti itu, maka media yang dipergunakan untuk mengajar adalah lebih baik berupa gambar,” papar Syarif kepada peserta MGMP Fisika SMK Negeri dan Swasta se-Malang Raya di kampus SMK PIM yang memiliki tagline ‘Touch Your Future” itu. (mar/Malangpostonline.com)

Editor : mar
Uploader : irawan
Penulis : marga
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU