Peringatan Hari Guru

Guru SMK PIM Goes to Industry ke PT. Garudafood Putra Putri Jaya Gresik

  • 26-11-2019 / 14:50 WIB
  • Kategori:Sekolah
Guru SMK PIM Goes to Industry ke PT. Garudafood Putra Putri Jaya Gresik EDUKASI: Civitas akademiki SMK PIM dan pengurus YPIM mengikuti acara Sanggar Edukasi Goes to Industry di PT. Garudafood Putra Putri Jaya, Gresik.

Malangpostonline.com - Memperingati Hari Guru 2019, sekitar 50 orang guru, staf, laboran SMK Putra Indonesia Malang (PIM) dan pengurus Yayasan Putera Indonesia Malang (PIM) mengikuti Sangar Edukasi Goes to Industry di PT. Garudafood Putra Putri Jaya, Jalan Krikilan KM 28, Krikilan, Driyorejo, Dusun Larangan,  Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik.

Acara yang diadakan Senin (25/11) itu, dilakukan karena beberapa guru masih menemui kendala dalam memberikan pelayananan kepada peserta didik. Kendala yang dimaksud adalah beberapa materi pelajaran yang diberikan menurut kompetensi yang dikehendaki, sering berbeda dengan kondisi terkini di dunia usaha dan dunia industri. 

“Hal ini tentunya berdampak pada penguasaan kompetensi peserta didik yang tidak maksimal. Sebuah upaya untuk dapat memperbarui wawasan dan keilmuan yang sinergis dengan dunia usaha dan dunia industri sangat dibutuhkan, mengingat SMK PIM merupakan lembaga pendidikan vokasi yang berstandar nasional,” papar Kepala SMK PIM, Siti Zubaidah, S.Pd.

“Pendidikan memang tidak berorientasi langsung pada jenis pekerjaan, tetapi dibutuhkan penyelarasan antara dunia pendidikan dan dunia kerja dalam hal ini dunia usaha dan dunia industri. Pada dunia pendidikan di sekolah menengah, tenaga pendidik juga memegang peranan penting dalam menghubungkan dimensi dunia pendidikan dan dunia usaha,” urainya. 

Dijelaskan dia, SMK sebagai lembaga pendidikan vokasi harus terus dapat mengimbangi dahsyatnya perkembangan dunia industri. Karakter kuat yang dimiliki dunia usaha dan industri harus mampu teraplikasi baik secara budaya maupun sistem kerja di lingkungan SMK PIM. Tenaga pendidik dituntut selalu termotivasi dan memotivasi kinerja pribadi serta rekan kerja. 

“Perlu usaha nyata peningkatan kompetensi tenaga pendidik maupun kependidikan melalui melalui kegiatan Sanggar Edukasi SMK PIM. Sanggar Edukasi merupakan sebuah program rutin yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dan kependidikan meningkatkan kompetensi sesuai bidang keahliannya,” tambah alumnus SMK PIM itu.

Zubaidah, sapaannya menerangkan, PT. Garudafood Putra Putri Jaya dipilih sebagai industri yang dikunjungi sebab telah bekerjasama dengan SMK PIM. Kerjasama yang telah dilaksanakan mulai dari Prakerin, Kelas Industri dan Guru Magang. “Pihak PT. Garudafood Putra Putri Jaya secara lisan merespon positif kegiatan ini,” tegasnya kepada malangpostonline.com. 

“Efek positif lain yang diharapkan peserta kegiatan ini mampu menyegarkan kembali pola pikir  dan tingkat kejenuhan rutinintas pembelajaran di dalam kelas dapat berkurang. Program ini diharapkan dapat memberikan wawasan terkini dunia industri agar dapat membantu para guru dalam memberikan materi pembelajaran yang lebih kontekstual serta tenaga kependidikan dapat memberikan pelayanan yang bermanfaat bagi peserta didik,” pungkasnya. (mar)

Editor : mar
Uploader : irawan
Penulis : marga
Fotografer : marga

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU