LKS SMK se Jatim, 589 Pelajar SMK Unjuk Kemampuan 41 Bidang Keahlian

  • 12-12-2019 / 15:52 WIB
  • Kategori:Sekolah
LKS SMK se Jatim, 589 Pelajar SMK Unjuk Kemampuan 41 Bidang Keahlian

Malangpostonline.com - Ajang Lomba Keterampilan Siswa (LKS) SMK se Jawa Timur Wilayah Kerja MKKS III digelar di Tulungagung, 11-12 Desember 2019. Sekitar 589 pelajar SMK unjuk kompetensi keahlian yang dikuasi masing-masing.

Peserta LKS SMK Jatim Wilker III ini merupakan siswa-siswi terbaik dari setidaknya 156 SMK. Yakni, berasal dari Kabupaten/Kota Malang, Kota Batu, Tulungagung, Blitar, Kediri, dan Mojokerto.

Tercatat, peserta paling banyak dari SMKN PGRI 3 Kota Malang, yang turun di 27 bidang lomba, disusul dari SMKN 1 Blitar (18 peserta). Sementara, ada SMKN lain dengan jumlah 15 peserta, seperti SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi (SMK Mutu) dan SMKN 3 Boyolangu Tulungagung.

SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi misalnya, mengikuti hingga 15 bidang lomba pada LKS SMK Jatim kali ini. Tak hanya yang ada program keahliannya, namun juga ada bidang lomba yang diikuti mesti tidak memiliki jurusannya, seperti bidang welding (pengelasan).

"Kami turunkan siswa di 15 bidang lomba. Ada penyaringan selektif calon peserta sebelumnya. Anak-anak sudah dilatih fokus, latihan fisik dan tekniknya, dalam beberapa kali tryout," demikian Martono, Waka Kurikulum SMK Mutu, Kamis (12/12) siang.

Soal kesiapan peserta yang tidak ada program keahlian, lanjutnya, bukan lah menjadi halangan. Bidang lomba welding bisa diikuti siswa jurusan teknik kendaraan ringan, karena memang ada materi pelajaran yang diajarkan.

"Prestasi LKS tahun sebelumnya dari Keperawatan, yakni juara 2. Yang punya peluang lima besar dari perhotelan. Ada juga dari jasa boga," imbuh guru pendamping tenik instalasi listrik ini. (amn/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU