SMK PIM Gelar Pilketos Wadahi Demokrasi Siswa

  • 13-12-2019 / 14:57 WIB
  • Kategori:Sekolah
SMK PIM Gelar Pilketos Wadahi Demokrasi Siswa PILIH: Siswa SMK PIM melakukan pemilihan Ketua OSIS dari beberapa bilik suara.

Malangpostonline.com - Untuk menumbuhkan kesadaran demokrasi yang memadai dari rakyat termasuk generasi muda, diperlukan pendidikan demokrasi di lingkungan SMK Putra Indonesia Malang (PIM), Kamis, 12 Desember 2019. OSIS SMK PIM periode 2019/2020 melakukan sistem pemungutan suara di aula SMK PIM Jalan Barito 5 Kota Malang layaknya pemilihan umum presiden maupun pilkada. 

Tiga kandidat dari kelas XI yakni Gearnidha Syafah, Riko Yofi dan Nurul Aulia melakukan kampanye di setiap kelas sejak beberapa minggu lalu. Calon Ketua OSIS menyampaikan visi misi dan target program kerja kedepan sehingga mereka dapat menarik minat anggota osis mulai kelas X hingga kelas XII untuk memilihnya.

"Pada Pilihan Ketua OSIS (Pilketos) kali ini, anak-anak mengusung tema kaderisasi kepemimpinan yang demokratis. Diharapkan setelah Pilketos ini dan ketika sudah terpilih sebagai Ketua OSIS, anak-anak bisa menjadi sosok pemimpin yang menaungi teman-temannya," ujar Novi Susanti, S.Pd, guru Bahasa Daerah SMK PIM.

Staf Kesiswaan ini juga menjelaskan bahwa model pemilihan Ketua OSIS dilakukan secara bergiliran mulai dari kelas XII, kelas X dan terakir kelas XI. Pilketos di SMK PIM merupakan gambaran awal sebelum mereka mempunyai hak pilih saat Pemilu Presiden atau yang lainnya. 

“Kita mampu untuk memeberikan kesempatan untuk adik-adik kelas untuk memberikan suaranya dan memilih pemimpin sesuai yang diinginkan dan bisa menjadikan OSIS SMK PIM menjadi lebih baik lagi," ujar Dini Melati Zaldy, siswa Kelas XII yang menjabat sebagai Ketua Pelaksana Pilketos 2019.

Pilketos yang dikonsep sama dengan pemilu ini mewajibkan setiap siswa yang sudah melakukan hak pilih untuk mencelupkan jarinya sehingga diharapkan tidak ada siswa yang memilih lebih dari satu kali dan hasil dari pemungutan suara tersebut akan diumumkan pada saat Class Meeting, dua minggu berikutnya. (mar/Malangpostonline.com )

Editor : mar
Uploader : irawan
Penulis : marga
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU