Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur Sejak Dini Dengan Pekan Kewirausahaan

  • 16-12-2019 / 15:50 WIB
  • Kategori:Sekolah
Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur Sejak Dini Dengan Pekan Kewirausahaan TRANSAKSI: Siswa-siswi MIN 1 Kota Malang terlihat asyik dengan aktivitas jual beli di stand kewirausahaan.

Malangpostonline.com - Pekan Kewirausahaan yang digelar  MIN 1 Kota Malang memberikan banyak pengalaman dan pembelajaran pada siswa. Khususnya dalam menumbuhkan jiwa usaha mulai sejak usia dini. Selama hampir sepekan kegiatan ini digelar menjadikan MIN 1 Kota Malang tampak berbeda dari hari-hari biasanya. 

Para siswa terlihat disibukkan dengan aktivitas jual beli. Sederet stan kuliner dipenuhi dengan aneka jenis makanan dan minuman. Seperti po cheese, Kentang sosis, pizza, kue lumpur, yakult, puding, juz dan lain-lain..

Tidak ada stand yang sepi pengunjung, semuanya  diserbu oleh pembeli. Selama kegiatan tersebut para siswa tampak begitu menikmati aktivitas jual beli makanan dengan harga bersahabat.

Pekan Kewirausahaan MIN 1 Kota Malang digelar selama enam hari. Setiap jenjang kelas bertugas menjadi penjual secara bergantian. Hari Senin jadwal jualan untuk kelas 1, Hari Selasa untuk kelas 2, demikian seterusnya secara bergiliran. Sementara pembeli dari kelas yang tidak sedang piket jualan. 

Ketua Pelaksana Pekan Kewirausahaan, Hj. Susmiyati, M.Pd.I menjelaskan, di stand kuliner kewirausahaan setiap siswa mendapat bagian tugas yang berbeda. Ada yang menawarkan, melayani pembeli dan memasak makanan yang dijual. "Jadi semuanya kebagian tugas yang membuat mereka belajar berbisnis dan berwirausaha," terangnya. 

Setiap kelompok diberikan modal 200.000 rupiah. Dari modal tersebut diupayakan bisa berkembang alis memperoleh untung. "Hasilnya bisa dikelola untuk kepentingan kelas masing-masing," imbuhnya. 

Kriteria penilaian lomba stand kewirausahaan meliputi empat poin. Yaitu penyajian, cita rasa, kebersihan dan display. Adapun display dinilai dari peralatan dan bahan yang dipakai. Termasuk juga dan langkah-langkah pembuatannya. "Masing-masing paralel kita ambil tiga juara,  juara 1, 2 dan 3," ujarnya. 

Selain belajar menjadi pengusaha, pekan kewirausahaan melatih siswa untuk mandiri, ulet, terampil dan mampu bekerjasama.. Karena dalam sebuah tim dibutuhkan kerjasama yang baik. Jika tidak maka usaha bisnis tidak akan memberikan hasil yang bagus. "Anak-anak juga bisa belajar mandiri, misalnya menyiapkan makanan sendiri tanpa harus bergantung kepada orang tua," tuturnya. 

Safira salah satu siswa merasa senang bisa mengikuti kegiatan kewirausahaan. Menurutnya kegiatan jual beli merupakan hal yang menyenangkan. Ia pun tertarik menjadi pengusaha saat besar nanti. "Senang bisa jadi pengusaha, karena uangnya banyak banyak," ucap siswa kelas 3 ini. (imm/Malangpostonline.com)

Editor : imm
Uploader : irawan
Penulis : Imam W.
Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU