Jambore Bahasa-Sastra SMP, Perkuat Literasi Kebahasaan Berkarakter Siswa

  • 21-12-2019 / 20:47 WIB
  • Kategori:Sekolah
Jambore Bahasa-Sastra SMP, Perkuat Literasi Kebahasaan Berkarakter Siswa

Malangpostonline.com - Jambore Bahasa dan Sastra Indonesia diikuti ratusan pelajar SMP se Kabupaten Malang di SMPN 4 Kepanjen, Sabtu (21/12). Kemampuan kebahasaan dan literasi peserta diperkuat selama kegiatan ini.

Sejumlah kegiatan harus diikuti wakil pelajar dari SMPN yang menjadi peserta. Diantaranya, pembekalan kemampuan menulis esai, cerita pendek, cipta-baca puisi, dan pantun. 

"Selama jambore, peserta dibimbing khusus kemampuan kebahasaan mereka. Juga, kemampuan literasi untuk membentuk berpikir kritis siswa. Dan, harapannya semua yang dihasilkan harus bermuatan karakter," kata Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMPN, Hadi Wardoyo, Sabtu (21/12) petang.

Muatan karakter yang dimaksud, lanjutnya, seperti nasionalisme atau bela negara, kejujuran, saling menghormati dan tepo seliro. Dalam esai misalnya, tema yang diangkat adalah tentang sikap toleransi pada sesama.

Dikatakan Hadi, jambore ini tidak menonjolkan kompetisi atau lomba. Tetapi, untuk memperkuat kemampuan kebahasaan semua siswa, yang notabene dari sekolah yang berbeda-beda. 

"Saat pembekalan tiap bidang, peserta dikelompokkan, bergabung dari sekolah yang berbeda. Nah, bagaimana mereka lalu bisa saling berbagi, kerja sama, dan menghasilkan karya," imbuhnya.

Meski begitu, lanjut Hadi Wardoyo, hasil dari jambore ini tetap bisa dikembangkan menjadi ikon prestasi untuk bidang serupa pada lomba-lomba. Hasil karya yang dibuat peserta juga akan diapresiasi peserta lainnya.

"Ya, nantinya apa yang dibuat peserta ada gelar karya. Yakni, ditempelkan dipajang dan dipamerkan," demikian Hadi Wardoyo. 

Acara pembukaan Jambore Bahasa-Sastra Indonesia ini sendiri dimeriahkan sejumlah penampilan perwakilan peserta. Diantaranya, deklamasi puisi oleh siswa SMPN 1 Ampelgading dan dongeng yang dibawakan siswi SMPN 1 Jabung.

Yang menarik, adalah penampilan operet tim ekskul jurnalistik 'NOS' SMPN 4 Kepanjen, yang menceritakan kerja keras menjadi jurnalis. Dilanjutkan, penampilan tim teater SMPN 2 Donomulyo yang membawakan cerita 'Cendol Dawet'. (amn/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU