Semarak HUT Ke-55, SMP Negeri 1 Singosari Semakin Hebat

  • 07-01-2020 / 18:36 WIB
  • Kategori:Sekolah, Advertorial
Semarak HUT Ke-55, SMP Negeri 1 Singosari Semakin Hebat MEMUKAU: Penampilan siswa Sinesa begitu memukau saat memeriahkan acara HUT Sinesa yang ke 55 dengan tarian tradisional

Malangpostonline.com – Hari Ulang Tahun ke-55 SMP Negeri 1 Singosari (SINESA) menjadi ajang ekspresi siswa dalam bidang seni. Setiap siswa tampil mewakili kelas masing-masing di panggung spektakuler. Berbagai seni kreativitas dan olahraga mewarnai panggung Gema Sinesa 2020, akhir pekan lalu.  Seperti teater, komedi, musik, tari dan lagu tradisional, modern dance dan lain sebagainya.

Tak ketinggalan beberapa siswa yang aktif di program ekstrakurikuler juga tampil sesuai bidang masing-masing. Antara lain olahraga Wu Shu dan Paskibra. 

Ketua Panitia HUT ke 55 Sinesa, Arif Nurcahyo, M. Pd., mengatakan selama ini Sinesa dikenal dengan kemampuan siswanya di bidang akademik. Padahal kata dia, tidak semua siswa memiliki kemampuan dan potensi yang sama. Maka siswa yang berbakat di non akademik perlu diberikan wadah untuk berekspresi dan mengembangkan kemampuannya. “Ada kalanya mereka berbakat di bidang seni, jadi perlu kita fasilitasi agar ada keseimbangan otak kanan dan otak kiri,” terangnya kepada Malangpostonline.com.

Menurut Arif, ada banyak manfaat yang bisa digali dalam pagelaran pentas seni di HUT Sinesa setiap tahunnya. Antara lain menumbuhkan nilai kepercayan diri siswa dan belajar bertanggung jawab atas tugas yang dipercayakan pada mereka. “Yang tidak kalah penting nilai kerukunan dan kebersamaan. Karena dalam sebuah tim dituntut untuk bisa membangun kerjasama yang baik,” jelasnya. 

Warna warni seni budaya Nusantara ditampilkan dalam Gema Sinesa 2020. Seakan menjadi gambaran akan kekayaan seni budaya bangsa yang beragam dan eksotis. "Aksi seni kreasi ini sukses ditampilkan anak-anak dengan penuh meriah, berkat kerjasama dengan orang tua yang begitu peduli pada kegiatan ini," ujarnya.

Arif menuturkan rangkaian acara HUT dimulai sejak Jumat (3/1) lalu, dengan kegiatan khatmil quran dan doa bersama. Dilaksanakan di lapangan Sinensa oleh seluruh siswa dan guru, berikut beberapa pengurus Paguyuban Orang Tua (POT) juga ikut bergabung.

Keesokan harinya di sela kegiatan pentas seni, Sinesa juga melakukan bakti sosial dengan berbagai sembako pada warga kurang mampu yang ada di Desa Losari dan Candi Renggo. Paket sembako juga diberikan kepada siswa dan karyawan yang dianggap pantas menerima. "Kami menyediakan lebih dari 200 paket sembako untuk yang membutuhkan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Singosari Drs. Susilo Wardoyo, M.Si menegaskan dari masa ke masa Sinesa harus lebih baik. Oleh karena itu upaya peningkatan prestasi di segala bidang terus dilakukan. Salah satu parameter keberhasilannya di nilai ujian nasional. “Maka tahun ini nilai UN harus meningkat dari tahun sebelumnya,” ucapnya.

Prestasi Sinesa tidak hanya di akademik. Tetapi juga di non akademik. Maka tak heran jika budaya ‘setor piala’ tiap pekan terus berlangsung hingga kini. Setiap Hari Senin saat upacara bendera, selalu ada piala yang diserahkan oleh siswa Sinesa untuk sekolah mereka. “Karena yang kami inginkan sekolah ini menjadi sekolah hebat yang melahirkan anak-anak yang hebat,” katanya.   

Wardoyo menuturkan, pihak guru sendiri tidak jenuh-jenuhnya untuk terus memotivasi siswa. Dengan tetap mencari pola-pola inovasi dalam melaksanakan tugas Pendidikan dan pengajaran.

“Kami terus berupaya menemukan model baru untuk mendongrak semangat anak-anak dan menemukan pola pendampingan yang lebih baik, khususnya bagi kelas IX yang tidak lama lagi akan menghadapi UN,” tuturnya.

“Selamat Ulang Tahun Sinesa yang ke 55, semoga dengan bertambahnya usia menjadi semakin maju, dan menjadi sekolah unggul di berbagai bidang,” tambahnya.  (imm)

Editor : imm
Uploader : slatem
Penulis : Imam W.
Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU