Usung Budaya, SMPN 2 Sumberpucung Gelar Kirab dan Drama Kolaborasi

  • 02-02-2020 / 16:03 WIB
  • Kategori:Sekolah
Usung Budaya, SMPN 2 Sumberpucung Gelar Kirab dan Drama Kolaborasi

Malangpostonline.com - Aula SMPN 2 Sumberpucung Kabupaten Malang menjadi arena kolaborasi seni pelajar setempat, Sabtu (1/2) malam. Bakat dan kreativitas seni ditampilkan dengan begitu apik dari atas panggung.

Kolaborasi seni ini berupa pertunjukan sendratari drama yang ditampilkan sekitar 30 pelajar SMPN 2. Sebagian mereka menampilkan lakon cerita drama Ramayana, diiringi sajian wayang bayangan Sandosa dan sebagian lagi memainkan gamelan.

Pertunjukan kolaborasi inipun tampak begitu dinikmati ratusan pelajar dan guru SMPN 2 Sumberpucung, termasuk sejumlah warga dan tokoh masyarakat sekitar. Duduk dengan lesehan, audien pun betah menonton pertunjukan hingga cerita selesai.

"Pertunjukannya lebih banyak pada segmen cerita Dewi Shinta yang direbut Raja Alengka Rahwana selama 12 tahun. Pesan ceritanya, soal kesetiaan dan kebijaksanaan," demikian guru Bahasa Jawa SMPN 2 Sumberpucung, Andi Bayu Sasongko, yang juga sutradara pertunjukan seni kolaborasi ini.

Dikatakan, pesan ini juga dikaitkan dengan Hari Jadi ke-73 SMPN 2 Sumberpucung, yang tengah dirayakan.

"Kami berharap ada keteladanan dari cerita pertunjukan ini. Terutama, soal kebijaksanaan dalam mengambil sikap yang bisa dipegang semua guru," kata Bayu Sasongko.

Sebelumnya, pada Sabtu (1/2) pagi, juga dilangsungkan karnaval budaya sepanjang ruas jalan sekitar SMPN 2 Sumberpucung. Karnaval ini diikuti ratusan peserta dengan kreasi kostum masing-masing yang berarakan sepanjang rute yang dilalui.

Peserta pawai budaya pelajar SMPN 2 Sumberpucung ini tergabung dalam kelompok kelas masing-masing, dan menampilkan kreativitas sedemikian rupa. Sesekali, mereka juga menampilkan atraksi menari bersama.

Tampak, kostum peserta pawai bertema etnis Dayak, Bali, suku Indian, hingga prajurit Sparta. Ada juga peserta yang tampil dengan parade fashion hasil kreasi bekas, yang memang menjadi salah satu kegiatan Sekolah Adiwiyata di SMPN 2 ini.

Tak ketinggalan, atraksi anggota ekskul unggulan drumband yang tampil menyemangati karnaval kirab budaya ini. Selain acara pawai budaya, juga dilanjutkan dengan aksi pentas seni, dan tasyakuran bersama menikmati tumpeng kreasi tiap kelas. (amn)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

Editor : amn
Uploader : slatem
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU