Malangpostonline 'Sambang Sekolah' SMA Islam Kepanjen

Program Zonasi, Diharapkan Tak Hanya Berasaskan Domisili

  • 06-02-2020 / 23:33 WIB
  • Kategori:Sekolah
Program Zonasi, Diharapkan Tak Hanya Berasaskan Domisili Drs. H. Musoli Haris, M.Pd, Ketua MKKS SMA Swasta Kabupaten Malang yang juga Kepala SMA Islam Kepanjen memberi keterangan pada Malangpostonline.com, Kamis (6/2).

Malangpostonline.com - Kebijakan sistem zonasi yang berkeadilan menjadi harapan bagi sekolah, khususnya lembaga pendidikan swasta. Program zonasi diharapkan tidak semata akses pendidikan berasaskan domisili, melainkan juga keterjangkauan.

Harapan ini setidaknya seperti diungkapkan Drs. H. Musoli Haris, M.Pd, Ketua MKKS SMA Swasta Kabupaten Malang, dalam kesempatan Malangpostonline.com ‘Sambang Sekolah’ ke SMA Islam, Kepanjen, Kamis (6/2).

Menurut Musoli yang juga Kepala SMA Islam Kepanjen, sistem zonasi yang diawali dalam PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sudah bagus, karena memenuhi keadilan akses dan kesempatan masyarakat bisa sekolah di satuan pendidikan terdekat.

Muhammad Rosuli S,Pd, Waka Kesiswaan SMA Islam Kepanjen (tengah) bersama GM Malangpostonline, Buari STP (kiri) dan wartawan Malangpostonline, Amin.

 

"Sistem zonasi dalam PPDB sudah berkeadilan, terutama pada aspek kedekatan domisili. Semua warga punya kesempatan bisa bersekolah dekat dengan tempat tinggal," katanya.

Akan tetapi, lanjut Musoli, bagi sekolah di wilayah pinggiran dan terpencil dengan jumlah input calon siswa kecil dalam wilayah tersebut, masih kurang menguntungkan.

Musoli Haris berharap, kebijakan zonasi lebih diperluas cakupannya, sehingga bisa benar-benar bisa lebih dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat.

"Sistem zonasi harusnya lebih berdampak luas, tidak sebatas kedekatan domisili. Pemerintah juga semestinya memberi perhatian khusus siswa pandai, dan anak dari keluarga miskin. Bagaimanapun, siswa miskin dan anak terlantar adalah harus dicukupi semua kebutuhan," jelasnya.

Sementara itu, dalam rangka 34 tahun SMA Islam Kepanjen, sekolah yang beralamat di Jalan Diponegoro 152 Ardirejo Kepanjen ini menggelar pentas seni dengan menghadirkan Denny Caknan. Penyanyi lagu Jawa asal Ngawi yang tengah melejit ini bakal jadi bintang tamu.

“Acara digelar di Lapangan bola SMA Islam Kepanjen, hari Sabtu, 15 Februari mendatang, mulai pukul 19.00 WIB, bintang tamunya Denny Caknan,” sebut Muhammad Rosuli S,Pd, Waka Kesiswaan SMA Islam Kepanjen saat ditemui Malangpostonline.com. (amn/bua)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU