Ramadan di Masa Pandemi TK Islam Sabilillah Semangat Berbagi

  • 21-05-2020 / 22:23 WIB
  • Kategori:Sekolah
Ramadan di Masa Pandemi TK Islam Sabilillah Semangat Berbagi PEDULI: Guru TK Islam Sabilillah berbagi sembako kepada para duafa mengajarkan pada anak didik mereka untuk mempunyai empati pada orang lain meski Pandemi Covid-19

Malangpostonline.com - Tak ingin lepas begitu saja momen Ramadan Penuh Rahmat, meskipun di tengah Pandemi Covid-19, TK Islam Sabilillah Malang tetap menebar kebaikan dengan berbagi pada sesama. Aturan social distancing yang dianjurkan pemerintah tidak mengurangi semangat guru dan orang tua siswa memberikan kepedulian pada orang lain. 

Kepala TK Islam Sabilillah Ana Maslichah, S.Pd mengatakan, kegiatan berbagi di Bulan Ramadan tahun ini memang sangat berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Biasanya TK Islam Sabilillah mengunjungi  beberapa panti asuhan untuk berbagi kebaikan dan dilakukan bersama-sama siswa. Tujuannya agar siswa merasakan langsung indahnya berbagi kebaikan bersama orang – orang yang membutuhkan. 

Namun di tahun TK Islam Sabilillah punya cara lain. Kegiatan berbagi dilaksanakan secara door to door oleh guru dan karyawan TK Islam Sabilillah Malang. Meski begitu bukan berarti para siswa tidak terlibat. 

Sebab sebagian besar donasi diambil dari amal rutin siswa yang dilakukan setiap Hari Jumat. Program Amal Jumat itu sendiri adalah sebagai bentuk implementasi pendidikan karakter yakni suka berbagi dan beramal. “Meskipun Ramadan  tahun ini diwarnai pandemi covid-19, namun semangat berbagi dan menebar kebaikan dengan sesama tidak surut ataupun memudar. Kami ajarkan itu pada anak-anak dengan tetap berbagi dari hasil amal Jumat mereka," kata Ana Maslichah. 

Kegiatan berbagi secara door to door TK Islam Sabilillah disebar di beberapa titik sesuai dengan tempat tinggal guru. Termasuk diantaranya beberapa warga di sekitar sekolah.  Seperti tukang sampah, tukang becak dan lain-lain. 

Ana berharap, aksi sosial TK Islam Sabilillah tersebut dapat memberikan keberkahan pada para penerima bantuan yakni warga miskin yang terdampak covid-19. "Semoga keberkahan tersebut juga berimbas pada kami keluarga besar TK Islam sabilillah Malang," ujarnya. 

Menurut Ana, meski program tersebut sangat sederhana, tetapi diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih di masa pandemi satu sama lain saling membantu dan memperhatikan. Pandemi menjadi satu ujian agar manusia saling memiliki rasa empati. 

Bagi yang berkecukupan secara materi dapat membantu mereka yang lemah. Agar dinding sosial yang dibangun dalam kehidupan bersama tetap kuat dan kokoh. "Kami memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan, harapan kita semua permasalahan wabah Covid-19 ini segera berakhir agar semua dapat kembali hidup normal," tandasnya. 

Ana menambahkan, yang tak kalah penting selama masa Pandemi covid-19, orang tua tidak berhenti memberikan pendampingan dan motivasi pada anak-anaknya. "Karena peran orang tua sangat penting untuk menjaga ke-istiqomahan belajar dan beribadah ananda, terutama dalam hal menebar kebaikan di Bulan Ramadan saat ini dengan tetap membiasakan ananda untuk berbagi dan beramal,” pesannya. (imm/sir)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : imm
Uploader : slatem
Penulis : Imam W.
Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU