Andrea Hirata Bahasakan Matematika di Novel Guru Aini

  • 03-02-2020 / 10:52 WIB
  • Kategori:Cerpen
Andrea Hirata Bahasakan Matematika di Novel Guru Aini Guru Aini, buku terbaru Andrea Hirata, mengisahkan perjuangan guru matematika di pelosok soal perjuangan menemukan seorang jenius ilmu pasti itu. (CNN Indonesia/Ranny Virginia Utami)

Malangpostonline.com - Penulis Andrea Hirata telah merilis novel terbaru bertemakan sains yang bertajuk 'Guru Aini'. Novel tersebut merupakan prekuel dari 'Orang-orang Biasa' yang dirilis pada 2019.

Andrea Hirata memerlukan hampir dua tahun untuk riset sebelum menulis Guru Aini. Ia mencari banyak referensi terkait pelajaran matematika yang menjadi ide dasar novel tersebut.

"Ini spesifik kalkulus dan kalkulus itu tema yang bagaimana menyembunyikannya dalam bahasa novel ini rumit. Alhamdulillah saya menemukan caranya," kata Andrea Hirata seperti dilansir Antara.

Guru Aini menceritakan idealisme seorang guru Matematika di pelosok bernama Bu Desi. Ia memiliki obsesi menemukan seorang jenius dalam matematika.

Namun, tak mudah menjadi pengajar matematika di pelosok. Matematika juga dianggap sebagai momok bagi banyak pelajar.

Hingga pada suatu hari Bu Desi bertemu Aini, seorang anak berdaya tangkap rendah tapi mempunyai semangat juang tinggi. Bu Desi berjuang segala cara dan banyak metode ajar dalam memberikan pemahaman matematika kepada Aini.

"Di situ tantangannya. Saya ingin secara riil. Namun di sisi lain saya ingin dia indah sebagai novel. Misalnya, di dalamnya ada percakapan," tutur Andrea Hirata.

Guru Aini merupakan buku ke-12 karya Andrea Hirata. Penulis kelahiran Belitung, 24 Oktober 1967 sudah aktif menulis sejak 2005 lewat Laskar Pelangi.

Melansir CNN Indonesia, Laskar Pelangi memikat banyak orang karena mengisahkan perjuangan tokoh utama Ikal dan sembilan anak lain dari Belitong untuk pendidikan. Buku itu berhasil meraih beragam kesuksesan, hingga diterjemahkan ke 40 bahasa.

Namanya semakin dikenal kala Laskar Pelangi diadaptasi menjadi sebuah film pada 2008. Novel keduanya, Sang Pemimpi (2006) juga diangkat menjadi film pada 2009. Edensor dan Maryamah Karpov dirilis dan melengkapi tetralogi Laskar Pelangi.

Buku lainnya yang tidak berhubungan dengan Laskar Pelangi termasuk Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas, serta Ayah. Sirkus Pohon dan Orang-orang Biasa menjadi buku ke-10 dan ke-11 Andrea yang rilis di pasaran.

Sementara itu, novel Guru Aini sudah bisa didapatkan di toko buku mulai Minggu (2/2). (chri/antara/end/cnn/bua)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : rois
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU