Tips Agar Tubuh Tak Hidrasi Saat Berlari Pada Cuaca Panas

  • 05-08-2019 / 10:12 WIB
  • Kategori:lifestyle
Tips Agar Tubuh Tak Hidrasi Saat Berlari Pada Cuaca Panas Ilustrasi

MALANGPOSTONLINE.COM - Berlari tak hanya bisa dilakukan di pagi atau sore hari. Olahraga yang paling mudah ini juga bisa dilakukan saat cuaca panas di siang hari dan memberikan banyak manfaat. 

Namun, berlari saat cuaca panas memang perlu berhati-hati karena matahari yang menyengat. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan pakaian yang dikenakan dan kondisi hidrasi tubuh.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan saat berlari ketika cuaca panas.

1. Hidrasi

Saat cuaca panas tubuh akan berkeringat lebih banyak ketimbang berlari di pagi atau sore hari. Keringat muncul karena gerakan olahraga dan juga panas matahari. 

Oleh karena itu, jika ingin berlari di siang hari, tingkatkan asupan cairan agar tubuh tidak dehidrasi. Kekurangan cairan akan mengakibatkan penurunan kinerja, pemulihan lebih lambat, sakit kepala, dan kram.

Asupan cairan ini bukan berarti minum air lebih banyak. Ahli nutrisi Liam Holmes menyarankan untuk minum air, garam, dan bubuk elektrolit. Air, garam, dan elektrolit dapat mengganti cairan dan ion yang hilang saat berlari.

"Minumlah sedikit demi sedikit, jangan dalam jumlah banyak sekaligus," kata Holmes, dikutip dari Independent.

Minuman berenergi dan makanan ringan juga diperlukan jika berlari dalam jarak jauh.

2. Pakaian

Pakailah pakaian yang ringan yang terbuat dari kain sintetis. Jenis pakaian ini akan membantu menghilangkan keringat dan membuat tubuh tetap merasa dingin. Pakaian olahraga yang juga mengandung pelindung SPF juga bisa jadi opsi untuk berlari.

3. Aksesori

Topi yang ringan akan membantu melindungi kepala dan wajah dari panas matahari. Kacamata hitam juga diperlukan untuk berlari di bawah sinar matahari.

Rompi juga bisa dikenakan agar bisa membawa botol minum, telepon genggam, sunscreen, uang, dan sebagainya. 

4. Sunscreen

Tabir surya adalah sebuah keharusan ketika berlari di bawah terik matahari, minimal gunakan SPF30. Lebih tinggi kadar SPF akan lebih baik. 

Aplikasikan sunscreen ke seluruh bagian tubuh yang terpapar sinar matahari termasuk di belakang leher.

5. Rute
Pilihlah rute berlari yang menawarkan banyak tempat teduh seperti banyak tanaman, pepohonan atau bangunan yang menghalangi sinar matahari langsung. Rute ini akan membantu tubuh tetap segar.

Turunkan pula kecepatan berlari dibandingkan saat berlari di pagi atau sore hari. Dapat pula mengganti berlari dengan jalan cepat. Sesuaikan dengan kondisi tubuh. (ptj/chs/cnn/bua)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU