Manfaat Kenali DNA: Tahu Risiko dan Cara Cegah Penyakit

  • 19-08-2019 / 08:15 WIB
  • Kategori:lifestyle
Manfaat Kenali DNA: Tahu Risiko dan Cara Cegah Penyakit

 

MALANGPOSTONLINE.COM - Tes DNA tak sekadar untuk mengecek garis keturunan. Lebih dari itu, tes DNA dapat mengetahui risiko tubuh terhadap hampir semua jenis penyakit hingga kebutuhan nutrisi, olahraga, dan diet yang tepat.

Mengetahui profil genetika yang berisi informasi DNA dapat membantu mencegah berkembangnya gen pembawa penyakit yang kemudian menggerogoti tubuh.

Peneliti genetika molekuler dari DNAku, Erlin Soedarmo menjelaskan, setiap orang membawa gen dan DNA yang berbeda-beda. DNA ini diturunkan dari orang tua. 

Dilansir dari CNN, "DNA adalah sebuah molekul di dalam sel yang menyimpan semua informasi atau kode yang akan bekerja di dalam tubuh. DNA terdiri dari jutaan gen," kata Erlin saat soft launching DNAku, di Jakarta, Kamis (15/8).

Gen yang terdapat di dalam DNA itu berfungsi untuk mengolah protein seperti hormon atau enzim di dalam tubuh. Gen yang berbeda ini membuat pengolahan protein akan berbeda pula pada setiap orang. 

Ini pula yang menjadi alasan mengapa setiap orang berbeda-beda dalam merespons lingkungan, makanan, dan penyakit di dalam tubuh. Misalnya, dalam contoh sederhana, ada yang mudah mengalami kenaikan berat badan walaupun makan sedikit, ada pula yang sulit gemuk mesti sudah makan banyak. 

Oleh karena itu, gen berperan penting dalam kesehatan. Dengan mengetahui profil genetika, seseorang bisa mengetahui risiko penyakit. Dengan pengetahuan itu, seseorang dapat mengubah risiko dengan melakukan perbaikan gaya hidup.

Sebab, untuk menjadi penyakit, gen itu juga dipengaruhi oleh nutrisi makanan, lingkungan, tingkah laku, dan obat-obatan.

"Antara sehat dan penyakit, itu dipengaruhi oleh gen, diet, asupan makanan, lingkungan, tingkah laku, dan obat-obatan," tutur Erlin.

Tes DNA Online

Kini, tak perlu ribet atau harus merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan tes DNA. Tersedia layanan pemeriksaan genetika berbasis internet pertama di Indonesia bernama DNAku.

Layanan tes DNA ini menawarkan pemeriksaan genetika yang memberikan informasi mengenai profil tubuh, risiko penyakit, dan rekomendasi gaya hidup sehat untuk menekan risiko. Mulai dari diet yang dibutuhkan hingga perawatan kulit. 

"Apa yang diharapkan dari pemeriksaan ini adalah bisa tahu risiko yang dimiliki, sehingga mengubah pola hidup, makan, dan sebagainya, sehingga bisa lebih sehat dan mencegah penyakit," ucap Business Development Manager Genetics Indonesia, Jessica Lepianda, dalam kesempatan yang sama. (ptj/asr/cnn/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU