Cara Mengajukan Promosi Jabatan Tanpa Terkesan Memaksa

  • 19-08-2019 / 12:55 WIB
  • Kategori:lifestyle
Cara Mengajukan Promosi Jabatan Tanpa Terkesan Memaksa Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika ingin mengajukan promosi jabatan tanpa terkesan memaksa.

MALANGPOSTONLINE.COM – Setiap karyawan tentu ingin kariernya semakin meningkat yang biasanya ditandai dengan mendapat promosi naik jabatan. Tidak hanya gaji yang kembali disesuaikan, jabatan baru yang lebih tinggi akan menambah nilai pada CV Anda. Gaji tinggi dan posisi yang baik tentu memberikan kepuasan tersendiri sebagai suatu pencapaian karier.

Namun, tak bisa begitu saja mengajukan promosi. Mengingat, atasan dan perusahaan tentu saja memiliki berbagai pertimbangan mengenai jenjang karier setiap karyawannya, meski Anda mungkin sudah tak sabar. Hanya saja, ada hal yang harus Anda tahu untuk mengajukan promosi jabatan tanpa terkesan memaksa pada atasan.

1) Ringankan pekerjaan atasan Anda

Cara terbaik untuk dipromosikan adalah dengan meringankan pekerjaan atasan. Bukan berarti mengambil alih pekerjaannya melainkan buat si bos percaya bahwa pekerjaan yang Anda kerjakan sempurna dan memuaskan.

Sehingga atasan tak lagi khawatir dengan kualitas pekerjaan Anda dan bisa mengerjakan hal penting lainnya. Pekerjaan yang baik merupakan 'tiket' Anda untuk mendapat peluang besar mendapat promosi pekerjaan.

2) Kerjakan pekerjaan hingga selesai

Jika dapat membuktikan kepada perusahaan bahwa Anda dapat menyelesaikan segala pekerjaan hingga selesai maka Anda tidak hanya akan dipromosikan, tetapi juga akan membuat diri Anda sangat dipertahankan di dalam perusahaan.

3) Pertahankan sikap positif

Orang-orang yang biasanya dipromosikan adalah orang-orang yang tetap tenang di bawah tekanan. Mereka juga bertindak sebagai panutan bagi semua orang di sekitar mereka. 

Jika Anda selalu memenuhi tenggat waktu, memiliki kemampuan problem-solvingyang baik, mengajukan pertanyaan yang relevan dan cerdas, Anda akan semakin dikenal oleh rekan kerja maupun atasan. Ketika masalah muncul, usahakan untuk menyelesaikannya dengan kepala dingin. Serta hindari kesalahan yang rentan terulang dengan belajar dari masa lalu.

4) Meningkatkan kinerja anggota tim

Selain berfokus pada pekerjaan, jangan lupa untuk tetap membantu satu sama lain sesama rekan kerja. Dengan saling membantu dan bekerja sama, kinerja perusahaan pun seiring meningkat dan tak mustahil prestasi Anda dan tim dilirik oleh atasan. 

5) Buat bos sadar Anda ingin promosi

Tampaknya cukup sederhana, tetapi mengekspresikan keinginan Anda untuk promosi tertentu agak sulit. Tapi utarakan saja dengan cara yang baik karena akan sangat membantu.

Sebab terkadang perusahaan mungkin tidak menyadari keinginan itu atau belum menganggap Anda sebagai kandidat yang dipromosikan. Bersikaplah rendah hati, ingin tahu, dan bersemangat untuk terus menanjakkan karier. Yakinlah akan ada saatnya untuk promosi.

6) Tunjukkan kebanggaan dengan pekerjaan
Kompetensi, ketekunan, kecerdasan, dan kesetiaan adalah aspek penting. Tetapi yang paling mendasar adalah kemauan yang melekat untuk menuntaskan pekerjaan sebaik mungkin.

Banggalah dengan yang Anda kerjakan saat ini. Karenanya, bekerjalah sesuai dengan passion Anda supaya bekerja didasari rasa senang dan ikhlas sehingga hasilnya optimal dan Anda bisa mendapatkan promosi jabatan dengna mudah.

7) Hindari berpolitik dan bergosip di kantor

Bersikaplah dengan adil, jangan mencampur aduk masalah pekerjaan dengan ideologi atau pandangan politik. Selain itu jangan mudah menyebarkan gosip atau hoaks di lingkungan kerja. Tunjukkan integritas dalam bekerja agar bisa dipandang baik dan profesional oleh semua orang. 

8) Komitmen

Bekerjalah secara optimal, dengan demikian bisa menunjukkan totalitas komitmen terhadap perusahaan. Biasanya perusahaan akan 'menghadiahi' karyawannya yang loyal dengan promosi jabatan.

9) Membantu menyelesaikan masalah

Anda harus mempunyai inisiatif untuk membantu menyelesaikan masalah dengan memberi dan memaparkan ide-ide segar. Kemampuan menyelesaikan masalah biasanya berkaitan dengan kecerdasan emosional, manajemen risiko, dan kemampuan pengambilan keputusan (decision making). 

Dengan kemampuan tersebut, Anda akan terlihat menonjol dan dinilai mampu berpikir strategis oleh atasan, sehingga promosi jabatan pun bukan hal yang tidak mungkin.

10) Jadilah yang terbaik

Bila motivasi untuk promosi adalah naik jabatan, buktikanlah bahwa Anda layak mendapatkannya. Memantaskan diri dengan bekerja sepenuh hati, optimal, dan benar-benar menunjukkan integritas dalam bekerja, maka mengajukan promosi jabatan tak akan susah. (otn/fef)/cnn/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU