Pindah ke Ibu Kota Baru, Simak Lima Hal yang Perlu Dipersiapkan

  • 28-08-2019 / 07:56 WIB
  • Kategori:lifestyle
Pindah ke Ibu Kota Baru, Simak Lima Hal yang Perlu Dipersiapkan Illustrasi

MALANGPOSTONLINE.COM - Presiden Joko Widodo mengumumkan ibu kota Indonesia bakal pindah ke Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur. Pemerintah menargetkan pusat pemerintahan paling lambat sudah dipindahkan pada tahun 2024.

Pemindahan ibu kota baru ini membuat banyak orang ikut bermigrasi ke Kalimantan Timur, terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bergerak langsung dalam bidang pemerintahan.

Pindah tempat tinggal ke kota baru artinya membutuhkan persiapan yang matang. Persiapanmatang dapat membantu Anda untuk bisa beradaptasi lebih cepat. 

Berikut beberapa hal yang mesti dipersiapkan untuk pindah ke ibu kota baru di Kalimantan Timur. 

1. Riset
Ada baiknya melakukan banyak riset mengenai kota baru yang bakal ditempati sebelum pindah. Mulai dari karakteristik lokasi, cuaca dan suhu udara, bahasa, hingga adat dan kebiasaan masyarakat setempat.

Pengetahuan ini akan memudahkan Anda untuk beradaptasi dengan lingkungan baru yang akan ditempati.

2. Keuangan

Ada alokasi dana yang perlu Anda persiapkan di awal, seperti dana untuk transportasi, menyewa atau membeli hunian, serta dana khusus bila ingin melakukan riset lokasi terlebih dahulu.

Tak kalah penting, hitung pula berapa biaya untuk memenuhi kebutuhan harian. Mulai dari harga bahan pokok, harga makanan dan minuman, hingga harga kebutuhan hidup lainnya. Mengingat, setiap wilayah tentu memiliki standar harga yang berbeda. Dengan begitu Anda bisa membandingkan antara pendapatan serta pengeluaran bila pindah ke ibu kota baru. 

3. Rumah

Sebelum pindah ke kota baru, pastikan Anda sudah menentukan tempat tinggal yang tetap, baik sewa atau milik sendiri. Tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi.

Tak hanya soal anggaran, sebelum menentukan tempat tinggal, ada baiknya untuk memperhatikan juga ketersediaan transportasi umum, kondisi air, pusat belanja, serta keamanan di lingkungan sekitar.

4. Sekolah anak

Bagi yang sudah berkeluarga, pindah ke kota baru bisa berarti juga ikut membawa anak, termasuk mengurusi kebutuhan pendidikan.

Agar proses administrasi lancar, Anda perlu mengurusnya jauh-jauh hari, mulai dari pemilihan sekolah, persyaratan pindah sekolah, hingga biaya untuk pindah. Perhatikan pula jarak sekolah dengan tempat tinggal, termasuk ketersediaan fasilitas pendidikan lainnya.

5. Transportasi

Dari luar pulau, Kalimantan Timur bisa disambangi dengan moda transportasi udara maupun laut. Di Kaltim, terdapat Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman atau dikenal dengan Bandara Sepinggan. Kaltim juga memiliki sejumlah pelabuhan.

Untuk transportasi dalam kota, terdapat angkutan umum yang melayani banyak rute, dari bandara atau pelabuhan menuju ke berbagai wilayah sekitar. Bila barang-barang dari kota asal juga ikut dipindahkan, pemilihan jasa pengangkutan beserta biayanya juga perlu dipertimbangkan.(ayk/cnn/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU