Jadi Viral, Ini Pengertian dari Disertasi

  • 03-09-2019 / 14:45 WIB
  • Kategori:lifestyle
Jadi Viral, Ini Pengertian dari Disertasi

MALANGPOSTONLINE.COM - Abdul Aziz, seorang mahasiswa program doktor di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga membuat disertasi adalah menjadi viral. Sebenarnya apa itu disertasi?

Disertasi Abdul yakni 'Konsep Milk Al-Yamin Muhammad Syahrur sebagai Keabsahan Hubungan Seksual Nonmarital'. Isinya memperbolehkan hubungan seksual nonmarital atau di luar pernikahan dengan batas-batas tertentu.

Batasan tertentu itu di antaranya tidak boleh dilakukan dengan berzina menurut pengertian Syahrur, yakni hubungan seksual yang diperlihatkan ke publik.

Dilansir dari Detik, "Jadi seorang laki-laki boleh berhubungan seksual dengan perempuan lain secara nonmarital sepanjang tidak melanggar batas-batas. Pertama yang disebut zina. Apa itu zina? Zina di sini yang dimaksud adalah hubungan seksual yang dipertontonkan," sebutnya.

"Kalau (berhubungan seksual) di kamar, tertutup, itu bukan zina, itu halal. Kedua, perempuan yang sudah bersuami, yang ketiga dilakukan secara homo, dan yang keempat dengan sex party. Kemudian nggak boleh incest. Selain itu semua boleh," katanya.

Promotor disertasi, Khoiruddin Nasution, menjelaskan dalam penelitian Abdul mengkaji konsep milk al-yamin yang digagas Muhammad Syahrur. Syahrur ialah warga Syiria yang pernah menetap lama di Rusia, negara yang bebas dalam urusan pernikahan.

Syahrur memiliki penafsiran berbeda mengenai konsep milk al-yamin. Menurut Syahrur tidak hanya budak yang boleh dikawini, namun juga mereka yang diikat dengan kontak hubungan seksual. Pandangan Syahrur itulah yang dikaji Abdul Aziz.

Rektor UIN Yogyakarta, Yudian Wahyudi, menyebut konsep milk al-yamin ala Syahrur yang dibahas Abdul Aziz tidak mungkin diterapkan di Indonesia apabila tidak mendapatkan legitimasi dari ulama, misalnya dari MUI dan ormas keagamaan lainnya.

Buat yang belum tahu apa itu disertasi S3, yuk simak berikut ini uraiannya seperti yang dirangkum dari berbagai sumber:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disertasi adalah karangan ilmiah yang ditulis untuk memperoleh gelar doktor. Disertasi dilakukan oleh mahasiswa yang mengambil kuliah Strata 3 (S3).

Nah kalau skripsi adalah karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya. Skripsi ditulis sebagai syarat wajib untuk mahasiswa mendapatkan gelar Strata 1 (S1).

Lalu bagaimana dengan tesis? Tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen yang dikemukakan dalam karangan. Tesis ditulis sebagai syarat wajib mahasiswa mendapatkan gelar Strata 2 (S2). (nwy/dtk/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : DTK
Fotografer : DTK

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU