Sejarah Puasa Asyura pada Bulan Muharram

  • 09-09-2019 / 14:13 WIB
  • Kategori:lifestyle
Sejarah Puasa Asyura pada Bulan Muharram Ilustrasi

MALANGPOSTONLINE.COM - Puasa Asyura merupakan amalan sunah yang dilakukan di hari Asyura yaitu tanggal 10 Muharam. Sejarah puasa Asyura sudah ada bahkan sebelum puasa Ramadan diwajibkan.

Istri Nabi Muhammad, Aisyah menceritakan Rasulullah awalnya berpuasa di hari Asyura saat berada di Makkah, sebelum hijrah ke Madinah. Namun saat itu, Nabi belum memerintahkan umat Islam untuk ikut berpuasa di hari Asyura.

Barulah saat hijrah ke Madinah, Nabi Muhammad bertemu orang Yahudi yang berpuasa Asyuro. Puasa itu dilakukan sebagai rasa syukur Nabi Musa AS di hari Asyura. Pada hari itu, Allah menyelamatkan Bani Israel dari kejaran musuh.

Berdasarkan keterangan Ibnu Abbas, pertemuan itu membuat Nabi Muhammad ikut memerintahkan umat Islam untuk berpuasa di hari Asyura.

Barulah saat perintah puasa Ramadan diwajibkan pada tahun kedua Hijriah, Nabi Muhammad tidak lagi memerintahkan berpuasa Asyura. Rasulullah juga tidak melarang puasa ini dilakukan. Puasa ini pun bernilai sunah.

Dilansir dari CNN, "Maka tatkala puasa Ramadan diwajibkan, Rasulullah bersabda, 'Siapa yang suka puasa di hari Asyura silakan ia berpuasa, dan siapa yang tidak suka boleh meninggalkannya,'" petikan Hadis Riwayat Muslim Nomor 1897, dikutip dari aplikasi Ensiklopedi Hadist.

Pada akhir masa kehidupan Nabi Muhammad, Rasulullah sempat menyatakan keinginannya untuk tidak hanya berpuasa pada hari Asyura tapi juga menyertakan tanggal 9 Muharam, agar berbeda dengan puasa orang Yahudi. Puasa pada 9 Muharam ini pun dikenal dengan puasa Tasua. Puasa Tasua ini dilakukan bertepatan pada Senin (9/9).

Namun, Rasulullah wafat terlebih dahulu sebelum sempat mengerjakan puasa Tasua.

Puasa di bulan Muharam ini merupakan puasa yang utama setelah puasa di bulan Ramadan.

"Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam," petikan Hadis Riwayat Muslim 1983.

Puasa Asyura juga memiliki keutamaan salah satunya dapat menghapus dosa setahun yang lalu.

Puasa Asyura pada tahun 1941 Hijriah bertepatan dengan tanggal 10 September 2019. Umat Islam dapat mengamalkan puasa Asyura yang yang memiliki sejarah panjang ini. Puasa Asyura diawali dengan niat dan diakhir dengan berbuka di waktu Magrib. (ptj/chs/cnn/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU