Cukupi Biaya Kuliah dari Kopi

  • 18-09-2019 / 00:33 WIB
  • Kategori:lifestyle
Cukupi Biaya Kuliah dari Kopi Arum Sekar Purwono Putri

BISNIS kopi saat ini, memang menjamur. Selain karena sudah menjadi gaya hidup masyarakat, bisnis ini juga sangat menguntungkan. Peluang inilah, yang akhirnya dimanfaatkan Arum Sekar Purwono Putri.

Wanita kelahiran 15 Januari 1999 ini, memulai bisnis kopi sekitar dua tahun lalu. Dia membuka kedai kopi di tempat tinggalnya Desa Gondowangi, Kecamatan Wagir. Suguhan yang ditampilkan dikemas sederhana, namun sesuai permintaan dari konsumen.

“Bisnis kopi saya ini bijian. Pengunjung atau konsumen yang datang, tinggal memilih biji kopi kesukaannya. Kemudian baru diolah menjadi minuman kopi,” ucap Arum sapaan akrabnya.

Menurutnya, bisnis kopi menjadi pilihannya. Karena kopi ini, merupakan bisnis sepanjang masa. Tidak lekang dimakan oleh waktu. Penikmat kopi juga segala usia.

Untuk hasil dari bisnis kopi ini, Arum tidak mau menyebut. Namun, dari bisnis kopi inilah, dia bisa mencukupi kebutuhan hidupnya. Termasuk bisa untuk tambahan biaya kuliahnya.

“Penghasilannya tidak menentu. Tetapi, cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan biaya kuliah,” terang mahasiswi Universitas Negeri Malang, yang sekarang ini sedang menyelesaikan skripsi.

Selain terus meningkatkan bisnis kopinya, Arum, juga ingin sekali menjadi psikolog sesuai dengan jurusannya. “Alasannya, karena saya ingin meningkatkan kesehatan mental di masyarakat,” ujarnya.

Pemilik hobi menyanyi dan membuat kue ini, mengatakan bahwa dirinya juga seorang relawan. Ia bergabung sebagai relawan BPBD Kabupaten Malang, karena ingin memiliki pengalaman lebih.

Meski mengaku belum terlatih betul karena sekadar magang, namun Arum mengaku pernah mendapat kepercayaan untuk tugas di beberapa wilayah. Seperti di Kecamatan Gedangan, Kromengan, Kepanjen serta Kecamatan Dau.

“Tugasnya selain membantu masyarakat yang terkena musibah, sekaligus mensosialisasikan Desa Tangguh Bencana serta pengurangan risiko bencana kepada masyarakat,” paparnya.(agp/ary)

Editor : ary
Uploader : angga
Penulis : agp
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU