Berat Badan Naik Meski Rajin Olahraga, Berikut Tujuh Alasan Penyebabnya

  • 18-10-2019 / 08:51 WIB
  • Kategori:lifestyle
Berat Badan Naik Meski Rajin Olahraga, Berikut Tujuh Alasan Penyebabnya Ilustrasi

Malangpostonlin.com - Selain diet sehat, olahraga menjadi salah satu cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Namun, hal itu tak berlaku sama pada semua orang. Beberapa tetap mengalami berat badan yang naik meski telah rutin berolahraga.

Menurunkan berat badan memang bukan perkara mudah. Meski telah mengubah pola makan dan getol berolahraga, sering kali berat badan ideal tak kunjung tercapai.

Wajar saja. Pasalnya, pembakaran lemak yang terjadi saat berolahraga dapat menstimulasi pertumbuhan otot. Hal itu membuat massa otot dalam tubuh akan lebih besar daripada lemak.

Di luar hal itu, bisa jadi ada beberapa kesalahan lain dalam rutinitas olahraga dan diet yang Anda lakoni. deretan kesalahan yang mungkin Anda lakukan.

1. Terlalu banyak konsumsi kalori

Makanan sehat seperti sayuran hijau sekalipun tetap mengandung kalori. Jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, maka kalori tetap akan menumpuk di dalam tubuh.

Pastikan asupan kalori setiap harinya. Jika merasa kesulitan, gunakan jurnal atau aplikasi di ponsel untuk mempermudah Anda mengontrol jumlah kalori yang dikonsumsi.

2. Kebiasaan ngemil

Olahraga akan sia-sia jika Anda tetap gemar mengonsumsi camilan. Beragam camilan mengandung jumlah kalori, lemak, dan gula yang tak sedikit.

3. Kurang menghidrasi tubuh

Tubuh sering kali menyalahartikan rasa haus menjadi lapar. Hal ini membuat Anda akan makan lebih banyak dari yang seharusnya dan membuat berat badan tetap naik meski telah rutin berolahraga.

Jagalah tubuh agar tetap terhidrasi. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat menjaga metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak.

4. Kurang beraktivitas setelah olahraga

Banyak orang beranggapan bahwa dengan rajin berolahraga, seseorang tak lagi memerlukan aktivitas fisik lainnya.

Namun, aktivitas fisik dalam kegiatan sehari-hari adalah cara paling tepat untuk membakar kalori. Anda bisa membakar hingga 200 kalori per hari dengan aktivitas sederhana tersebut.

5. Hanya melakukan kardio

Olahraga kardio seperti lari, berenang, dan bersepeda memang baik untuk menjaga kebugaran. Namun, untuk membakar lemak secara lebih efisien, olahraga beban juga perlu dilakukan.

Olahraga beban dapat meningkatkan massa otot dan metabolisme tubuh. Selain itu, olahraga beban juga mampu melatih kekuatan dan menjaga kesehatan mental.

6. Baru mulai rutin olahraga
Jika Anda baru saja mulai berolahraga, maka kenaikan berat badan adalah hal yang sangat mungkin terjadi. Tubuh yang tak terbiasa berkeringat akan menyesuaikan diri dan menahan cairan untuk sementara waktu.

Terapkan kebiasaan olahraga secara bertahap agar tubuh memiliki waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Tanpa diterapkan secara teratur, berat badan akan tetap naik meski telah rutin berolahraga. (aul/asr/cnn/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU