Mengenal Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Januari

  • 09-01-2020 / 14:06 WIB
  • Kategori:lifestyle
Mengenal Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Januari

Malangpostonline.com - Umat Islam dapat melakukan ibadah puasa sunah Ayyamul Bidh setiap bulan, termasuk di bulan Januari ini. Puasa Ayyamul Bidh di bulan Januari ini dilakukan pada 8, 9, dan 10 Januari. Hal ini berarti, hari ini Kamis (9/1) merupakan hari kedua puasa.

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa yang dilakukan pada setiap pertengahan bulan Hijriah, sesuai kalender Qomariah. Ayyamul Bidh dilakukan selama tiga hari setiap tengah bulan yani setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan Hijriah, kecuali pada hari Tasyrik 13 Dzulhijjah.

Saat ini, kalender Islam memasuki bulan Jumadil Awal. Tanggal 13-15 Jumadil Awal bertepatan dengan Rabu-Jumat, 8-10 Januari.

Melansir CNN Indonesia, Puasa Ayyamul Bidh merupakan salah satu sunah Rasulullah SAW. Setiap umat Islam yang menjalankan puasa ini dijanjikan pahala seperti orang yang berpuasa satu tahun penuh. Satu hari puasa Ayyamul Bidh sama seperti berpuasa 10 hari.

Orang yang rutin melakukan puasa sunah Ayyamul Bidh juga akan mendapatkan pintu khusus Ar-Rayyan di surga kelak.

Menjalankan puasa Ayyamul Bidh sama seperti menjalankan puasa sunah lainnya. Dimulai dari niat, menahan hawa nafsu, haus, dan lapar dan segala hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar atau saat azan Subuh hingga terbenam matahari saat azan Magrib.

Niat puasa sunah Ayyamul Bidh boleh diucapkan saat sahur atau pun di pagi hari, asalkan belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Berikut niat puasa Ayyamul Bidh:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma Ayyami Bidh sunnatan Lillahi Ta'ala

Artinya:

Sengaja aku berniat puasa sunah Ayyamul Bidh karena Allah Ta'ala. (chs/chs/cnn/bua)

Editor : bua
Uploader : rois
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU