Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

  • 14-01-2020 / 11:49 WIB
  • Kategori:lifestyle
Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Malangpostonline.com-- Sampo menjadi cara menghilangkan ketombe yang paling banyak dipilih. Namun, tak semua sampo akan cocok untuk jenis rambut Anda.

Ketombe menjadi salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu. Rasa gatal dan serpihan putih menimbulkan rasa tidak nyaman dan tak jarang menurunkan percaya diri.

Sebagai pengganti, ada beberapa cara alami menghilangkan ketombe tanpa sampo yang dapat Anda lakukan. Berikut mengutip berbagai sumber.

1. Minyak kelapa

Ketombe terbentuk akibat bercampurnya minyak dan jamur. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengurangi penggunaan minyak pada kulit kepala.

Gunakan minyak kelapa atau virgin coconut oil untuk membantu menyeimbangkan kelebihan produksi minyak.

"Perawatan berbasis minyak bisa membantu menyeimbangkan kelebihan produksi minyak pada kulit kepala," jelas Jessica Weiser dari New York Dermatology Group, mengutip The Cut.

Mengaplikasikan minyak pada kulit kepala akan menarik kelebihan minyak pada tempat yang sama.

2. Cuka apel

Cuka apel bisa membantu mengatasi ketombe. Cuka apel mengandung senyawa antimikrobia dan antiinflamasi.

Mengutip StyleCraze, aplikasikan cuka apel langsung pada kulit kepala. Beri pijatan dan diamkan selama sekitar 10 menit serta cuci rambut Anda dengan sampo.

Cara lain yang bisa dicoba adalah menggabungkannya dengan minyak tea tree atau pohon teh. Minyak ini merupakan antiseptik alami sehingga campuran keduanya dinilai bisa ampuh menghilangkan ketombe.

Campur tiga sendok makan cuka apel dan tiga tetes minyak pohon teh. Pijatkan pada kulit kepala dengan lembut, diamkan sekitar 10 menit dan cuci rambut.

3. Scrub kulit kepala

Layaknya kulit di area tubuh lain, kulit kepala juga perlu dieksfoliasi. Aplikasikan scrub pada kulit kepala Anda untuk mengikis penumpukan sel kulit mati penyebab ketombe.

Beberapa resep scrub kulit kepala bisa Anda coba. Mengutip LiveStrong, campurkan minyak zaitun dan gula merah masing-masing seperempat cangkir. Pijat dengan lembut dan hati-hati seperti Anda mengaplikasikan scrub pada wajah.

Sementara laman Naturally Curly menyarankan untuk mencampurkan satu sendok makan madu organik, satu setengah sendok minyak zaitun, dan tiga sendok makan gula. Pijatkan campuran ini pada kulit kepala lalu bilas.

4. Bedak tabur

Beberapa orang menyarankan untuk tidak terlalu sering mencuci rambut agar tidak mengikis minyak alami yang ada di dalamnya.

Namun, saat produksi minyak mulai berlebih, penggunaan bedak tabur pada rambut bisa membantu menyerap kelebihan minyak.

5. Ubah pola makan

Masalah pada rambut bisa timbul akibat kesalahan pola makan. Macrene Alexiades-Armenakas, ahli kulit berbasis di New York, Amerika Serikat, berkata bahwa kekurangan nutrisi bisa mengakibatkan ketombe.

"Makanan tinggi karbohidrat bisa menghasilkan penumpukan glikogen di kulit, yang mana ini makanan jamur," jelas Alexiades-Armenakas.

Senada, Direktur Riset Klinis dan Kecantikan Mount Sinar Hospital, Joshua Zeichner mengatakan, makanan seperti produk susu dan berpemanis dapat menyumbang masalah bagi munculnya ketombe. Keduanya menstimulasi kelenjar sebaceous sehingga membuat produksi minyak jadi berlebih.

Kurangi asupan karbohidrat dan gula jika produksi ketombe pada kulit kepala Anda berlebih.

(els/asr/cnn/bua)

Editor : bua
Uploader : MG
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU