8 Cara Simpel yang Bikin Kamu Lebih Disukai Bos

  • 15-01-2020 / 10:30 WIB
  • Kategori:lifestyle
8 Cara Simpel yang Bikin Kamu Lebih Disukai Bos

Malangpostonline.com - Biasanya bos akan menyukai seseorang yang bekerja dengan bagus. Tapi kadang bekerja keras saja belum cukup untuk menarik perhatian atasan. Menurut para pakar, kamu juga harus tahu cara mengambil hati bos dengan trik-trik khusus. Bukan untuk menjilatnya sehingga menaikkan karier kamu, cara-cara ini juga bisa diterapkan untuk memperkuatkan hubungan dan kerja sama tim.

1. Sesuaikan Gaya Komunikasi

Anda mungkin ingin lebih dekat dengan menarik hati bos, terlebih jika Anda memang seorang anak baru di kantor. Salah satu caranya adalah menyesuaikan gaya komunikasi agar bisa lebih klik dan dimengerti. Bukan berarti harus mengubah diri tapi pastikan saja bahwa tidak akan ada kesalahpahaman. Misalnya jika bos adalah tipe yang perlu selalu tahu apa yang sedang dikerjakan, Anda pun sebaiknya menyesuaikan.

2. Minta Saran

Jangan ragu untuk meminta saran bos. Selain bisa dapat ilmu, hal ini bisa bikin Anda lebih disukai. Menurut riset Harvard Business School, bertanya tidak membuat Anda terlihat bodoh tapi malah menunjukkan kompetensi.

3. Bilang Terima Kasih

Penting untuk menunjukkan rasa terima kasih pada bos meskipun hal tersebut merupakan kritikan. Dengan begitu, bos akan mengetahui bahwa Anda memang mendengarkan dan menghargai hal-hal yang dilakukannya untuk kebaikan bersama.

4. Membanggakan Bos

Maksud dari membanggakan bos bukanlah memujinya di depan orang-orang. Namun Anda harus bisa menjadi sosok yang membanggakan dan bisa diandalkan agar ia pun terlihat bagus di depan atasan-atasannya. Untuk itu, sebelumnya ketahuilah apa yang diharapkan bos dari Anda dan pastikan Anda dapat melakukannya dengan baik.

5. Perhatikan Detail

Bos tentu akan menyukai orang-orang yang tak perlu harus selalu diminta untuk melakukan sesuatu. Karena itu, Anda perlu lebih perhatikanlah detail-detail apalagi yang sering dilewatkan rekan lainnya. Dengan begitu, pekerjaan bos menjadi lebih mudah dan itu pasti akan membuatnya menyukai Anda.

6. Liburan

Berdasarkan analisa Oxford Economics, orang yang mengambil semua jatah cuti punya kesempatan dapat promosi 6,5% lebih tinggi. Dan seseorang yang dapat promosi biasanya disukai bos karena punya performa bagus. Artinya liburan bisa membantu Anda bekerja lebih baik. Menurut riset, liburan membuat pikiran lebih segar sehingga hadir ide-ide baru.

7. Kemukakan Pendapat

Jangan sembunyikan opini untuk diri Anda sendiri. Jika ada ide atau mungkin komplain, sampaikan saja pada bos. Tak perlu takut terdengar bodoh karena kebanyakan bos pasti akan menghargai mereka yang terlihat peduli dengan pekerjaan.

8. Selesaikan Masalah Sendiri

Cara lain yang bisa bikin Anda disukai bos adalah dengan menyelesaikan masalah sendiri. Sebelum mengeluhkan sebuah problema, ada baiknya cari tahu sendiri bagaimana solusinya. Apalagi jika Anda juga bisa membantu permasalahan bos. Karena dengan begitu, beban bos jadi lebih ringan yang bisa membuat Anda lebih difavoritkan. (dtk/bua)

Editor : bua
Uploader : MG
Penulis : DTK
Fotografer : DTK

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU