Sudah 3 Orang Dipastikan Terinfeksi Virus Corona di Singapura

  • 24-01-2020 / 15:44 WIB
  • Kategori:lifestyle
 Sudah 3 Orang Dipastikan Terinfeksi Virus Corona di Singapura

Malangpostonline.com-Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) mengonfirmasi dua orang lainnya positif terinfeksi virus corona baru di negara tersebut. Ini berarti total sudah tiga orang yang terinfeksi virus corona yang berasal dari Wuhan, China ini.

 

Seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (24/1/2020), MOH menyebut salah satu pasien terbaru yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru, atau yang disebut sebagai 2019-nCoV, merupakan seorang pria berusia 37 tahun, yang merupakan anak laki-laki dari pasien virus corona pertama di Singapura.

Satu pasien baru lainnya merupakan seorang wanita berusia 53 tahun yang baru saja tiba dari Wuhan dengan penerbangan maskapai Scoot pada 21 Januari, pukul 05.30 waktu setempat. Wanita paruh baya itu mengalami demam, batuk-batuk dan meriang pada sore harinya.

Wanita yang tidak disebut namanya itu mendatangi Raffles Hospital keesokan harinya untuk memeriksakan diri. Dia kemudian dibawa ke unit gawat darurat di Tan Tock Seng Hospital, di mana dia dikarantina.

MOH pertama kali diberitahu soal kasus dugaan virus corona ini pada 23 Januari, pukul 03.00 waktu setempat. Wanita itu akhirnya dinyatakan positif terinfeksi virus corona pada tengah malam.

Disebutkan juga oleh MOH bahwa wanita yang positif terinfeksi virus corona itu sempat menginap di J8 Hotel dan mengunjungi Orchard Road, Marina Bay Sands dan Gardens by the Bay. Saat ini, wanita itu menjalani perawatan medis di National Centre for Infectious Diseases dan dilaporkan dalam kondisi stabil.

Dilaporkan bahwa total 44 kasus suspect virus corona tengah ditangani di Singapura, dengan para pasiennya berusia antara 1 tahun hingga 78 tahun. Dari jumlah itu, sebanyak 13 pasien dinyatakan negatif virus corona.

Kasus virus corona pertama terkonfirmasi di Singapura pada Kamis (23/1) waktu setempat. Pasien pertama merupakan seorang pria berusia 66 tahun yang merupakan warga Wuhan dan tiba di Singapura dari Guangzhou, China pada 20 Januari lalu. Pasien pertama ini masih dikarantina di Singapore General Hospital dan kini dalam kondisi stabil.

Laporan menyebut ada 30 orang yang terlacak memiliki jejak kontak dengan pasien pertama itu. Mereka merupakan orang-orang yang duduk di sekitar pasien pertama dalam penerbangan ke Singapura. Sembilan orang yang bepergian dalam rombongan dengan pasien pertama itu juga telah diidentifikasi. Salah satunya adalah anak laki-laki pasien pertama itu, yang kini dikonfirmasi terinfeksi virus corona baru. Delapan orang lainnya telah meninggalkan Singapura.

Selama berada di Singapura, pasien pertama itu menginap di Shangri-La's Rasa Sentosa Resort and Spa dan diketahui hanya berada di sekitar hotel.

Otoritas Singapura sebelumnya mengumumkan bahwa pemeriksaan di perbatasan akan diperluas, baik perbatasan darat maupun laut. Imbauan perjalanan juga diperluas, dengan warga Singapura diimbau menghindari perjalanan ke Provinsi Hubei, yang menjadi lokasi kota Wuhan -- asal muasal virus corona baru.

 (nvc/ita/dtk/bua)

 

Editor : bua
Uploader : MG
Penulis : DTK
Fotografer : DTK

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU