Rambut Rontok, Siapa Takut!

  • 26-01-2020 / 15:46 WIB
  • Kategori:lifestyle
Rambut Rontok, Siapa Takut! Ilustrasi.

Malangpostonline.com - Bagi kaum hawa, rambut rontok merupakan hal yang cukup mengerikan. Jika dibiarkan terus-menerus, bisa menyebabkan kebotakan. Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah faktor genetik, kesalahan pemilihan produk perawatan rambut hingga stress.

Ada berbagai macam cara untuk mengatasi rambut rontok. Yakni, menggunakan bahan-bahan alami atau melakukan treatment khusus. Berikut, ada beberapa cara mengatasi rambut rontok yang bisa dilakukan dengan sangat sederhana. Apa saja?

Cara mengatasi rambut rontok yang pertama adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di rumah. Seperti lidah buaya, yang sudah terbukti mengurangi kebotakan dan kerontokan rambut. Caranya cukup mudah, yakni oleskan lidah buaya pada rambut, diamkan beberapa menit dan cuci bersih.

Selain lidah buaya, cara mengatasi rambut rontok dengan cara alami berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Caranya juga tak sulit. Ambil buah kemiri secukupnya dan langsung dibakar. Setelah itu, tumbuk hingga mengeluarkan minyak. Setelah itu, minyak tersebut oleskan di kulit kepala. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih. Selain sebagai salah satu cara untuk mengatasi rambut rontok, minyak kemiri juga bisa menghitamkan rambut.

Kemudian, cara untuk mengatasi rambut rontok berikutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Siapa sangka, buah yang biasanya dibuat campuran sambal atau soto ini bisa mengurangi rambut rontok. Caranya juga sangat sederhana, oleskan cairan jeruk nipis ke kulit kepala, diamkan selama satu jam. Setelah itu, bilas menggunakan air yang mengalir. Selain mengurangi rambut rontok, jeruk nipis juga bisa menghilangkan ketombe.

Cara mengatasi rambut rontok dengan cara alami berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Jika memiliki kulit kepala berminyak, minyak kelapa bisa dioleskan sekitar satu jam sebelum keramas. Namun, jika memiliki kulit kepala yang cenderung kering, bisa digunakan setelah keramas. Selain sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok, minyak kelapa juga bisa membuat rambut lebih berkilau dan bercahaya.

Selain dengan cara alami, ada beberapa cara mengatasi rambut rontok dengan beberapa produk yang ada di pasaran. Cara paling sederhana, yakni memilih shampoo dan conditioner khusus untuk perawatan rambut rontok. Selain itu, bisa didukung dengan rutin melakukan masker atau spa rambut di salon kecantikan atau di rumah. Setelah dipijat lembut menggunakan masker atau hairspa, rambut bisa dililit dengan handuk hangat. Kalau bisa, hindari steam rambut ketika berada di salon, ya!

Cara untuk mengatasi rambut rontok berikutnya adalah dengan menggunakan tonic. Di pasaran, dijual beberapa merek tonic yang sudah cukup senior dan teruji mengurangi rambut rontok. Meski tidak memiliki wangi yang menyegarkan, tonic rambut ini cukup ampuh untuk mengurangi rambut rontok, lho.

Setelah melakukan treatment di atas, jangan lupa gunakan vitamin rambut atau hair serum untuk selalu menjaga kelembaban rambut. Pilih vitamin atau serum yang memiliki formula khusus untuk mengurangi rambut rontok. Atau, gunakan hair conditioner ketika selesai keramas menggunakan shampoo.

Berbagai cara tersebut memang dilakukan untuk mengurangi rambut rontok. Namun, ada beberapa cara mengatasi rambut rontok agar tidak bertambah. Diantaranya adalah kurangi stress, hindari menguncir rambut yang berlebihan dan membiarkan rambut tergerai bebas. Selain itu, cara mengatasi rambut rontok yang paling penting adalah menjaga pola makan, mengkonsumsi makan makanan bergizi dan hindari melakukan treatment rambut dengan menggunakan bahan kimia yang cukup keras.

Berbagai cara utnuk mengatasi rambut rontok dengan cara sederhana ini bisa dilakukan kapan saja, lho. Mudah-mudahan, cara ini bisa mengurangi masalah rambut rontok yang selama ini cukup menghantui. Selamat mencoba dan semoga sukses!(tea)

Editor : tea
Uploader : slatem
Penulis : tea
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU