Dokter Thailand Klaim Temukan Cara Sembuhkan Virus Corona

  • 03-02-2020 / 08:47 WIB
  • Kategori:lifestyle
Dokter Thailand Klaim Temukan Cara Sembuhkan Virus Corona

malangpostonline.com- Dokter-dokter di Thailand mengklaim telah berhasil merawat dua orang pasien virus corona dengan kombinasi obat antivirus. Hal ini diungkapkan oleh Kementerian Kesehatan Thailand pada Minggu (4/1).

kriangsak Atipornwanich, seorang dokter di rumah sakit Rajavithi di Bangkok mengungkapkan bahwa dia merawat seorang wanita berusia 71 tahun dari China yang terkena virus corona dengan kombinasi obat perawatan HIV dan flu. Pasien sebelumnya hanya dengan obat anti-HIV.

"Saya telah merawat seorang pasien dalam kondisi parah, namun hasilnya sangat memuaskan. Kondisi pasien telah membaik sangat cepat dalam waktu 48 jam. Hasil tes juga berubah dari positif menjadi negatif dalam waktu 48 jam juga," ucap Atipornwanich dikutip dari CNN.

Pejabat-pejabat kesehatan yang turut hadir dalam konferensi pers tersebut mengatakan bahwa tes laboratorium terbaru menunjukkan tak ada jejak virus dalam sistem pernapasan pasien.

Jika benar obat ini bisa mengobati virus corona, maka ada harapan baru di dunia kesehatan untuk mengatasi penyakit yang kini berstatus darurat internasional tersebut. Sebelumnya, Rumah sakit di Beijing telah melaporkan menggunakan obat yang sama yang diberikan kepada pasien HIV dan AIDS adalah bagian dari pengobatan untuk coronavirus Wuhan, meskipun tidak jelas apakah mereka telah berhasil.

Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular di Institut Kesehatan Nasional AS, mengatakan kepada CNN pekan lalu bahwa sampai saat ini belum ada obat yang terbukti efektif untuk mengobati virus.

(chs/cnn/bua)

Editor : bua
Uploader : MG
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU