7 Makanan Terlarang Usai Olahraga

  • 13-02-2020 / 09:56 WIB
  • Kategori:lifestyle
7 Makanan Terlarang Usai Olahraga Olahraga yang teratur dan konsisten harus dibarengi dengan menjaga jenis makanan yang dikonsumsi. (Foto: Istockphoto/ Drazen Zigic)

Malangpostonline.com - Taman Suropati di Jakarta, atau beberapa ruang terbuka publik lain kini mulai ramai dengan pelbagai aktivitas olahraga. Kalau Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta sudah jangan ditanya, hampir pasti padat orang berolahraga.

Anda termasuk yang sering melakukan olahraga teratur dan konsisten?

Kalau iya, Anda perlu memperhatikan beberapa makanan yang pantang dimakan setelah sesi olahraga. Setelah mengeluarkan energi, tubuh tentu perlu asupan untuk membangun juga memperbaiki jaringan otot.

Melansir CNN Indonesia, sudah bukan rahasia jika olahraga rutin boleh jadi tak ada gunanya atau akan lewat begitu saja tanpa diikuti menjaga pola makan. Berikut daftar makanan dan minuman yang harus Anda hindari setelah berolahraga dikutip dari Bold Sky.

1. Makanan pedas

Pelbagai jajanan kaki lima di taman pastilah menggiurkan disantap untuk mengisi perut yang keroncongan. Tapi hindari jenis makanan yang pedas atau sejenisnya. Sebab setelah olahraga, jaringan di tubuh Anda butuh pemulihan dan makanan pedas bakal memperlambat proses ini. Ini karena makanan pedas sulit untuk dicerna.

2. Minuman bersoda

Minuman bersoda memang terlihat menyegarkan tapi takkan membantu tubuh yang dehidrasi setelah berolahraga. Menenggak minuman bersoda setelah olahraga juga bisa membuat Anda kembung. Karena ini minuman bersoda adalah salah satu yang paling dihindari untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

3. Sayuran mentah

Sekalipun sayuran mentah ini secara alami baik untuk kesehatan, tapi mengonsumsinya setelah olahraga bukan pilihan yang tepat. Setelah berolahraga, tubuh Anda sangat perlu asupan kalori dan karbohidrat.

4. Telur goreng

Telur merupakan salah satu sumber protein yang dibutuhkan setelah berolahraga. Tapi lemak jenuh pada telur goreng akan menghambat proses metabolisme. Jadi sebaiknya makanlah telur rebus.

5. Makanan manis atau asin

Setelah berolahraga mengonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih juga harus dihindari. Termasuk misalnya, langsung makan permen.

Pun dengan makanan yang kadar garamnya berlebih. Makanan asin seperti keripik juga termasuk yang tak direkomendasikan. Karena jenis makanan ini tak bisa menggantikan jenis lemak dan garam yang tepat bagi tubuh Anda.

6. Alkohol

Meminum alkohol setelah berolahraga tentu saja punya efek buruk bagi tubuh Anda. Alkohol memiliki dampak diuretik pada sistem tubuh dan akan memperburuk proses pemulihan otot setelah olahraga.

7. Cokelat

Cokelat tentu saja bukan pilihan yang menyehatkan untuk dijadikan cemilan setelah olahraga. Terlebih, kalau Anda sedang mencoba mengurangi berat badan. Penyerapan protein akan melambat sepanjang ada kandungan lemak dalam cokelat.

Dengan memilih makanan atau minuman yang tepat, Anda bisa lebih mudah beroleh hasil yang diinginkan setelah berolahraga. Itu sebabnya penting untuk menjaga pola dan jenis makanan setelah sesi olahraga. Maka tak ada salahnya untuk menunda barang satu atau dua jam dan, sungguh-sungguh berkata tidak pada jenis makanan di atas. (nma/cnn/bua)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : rois
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU