7 Langkah Menghadapi Banjir Jakarta dan Sekitarnya

  • 25-02-2020 / 13:55 WIB
  • Kategori:lifestyle
7 Langkah Menghadapi Banjir Jakarta dan Sekitarnya

Malangpostonline.com-- Hujan yang melanda sejumlah daerah di Jakarta sejak Senin (24/2) malam hingga Selasa (25/2) pagi mengakibatkan banjir di beberapa titik. Sejumlah ruas jalan pun terputus akibat genangan air. Bukan hanya Jakarta, wilayah di Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi juga mengalami hal serupa.

Sebelumnya pada Minggu (23/2) genangan merendam kawasan Pulo Gadung, Cempaka Putih dan kawasan Sunter.

"Penyebabnya ialah cuaca ekstrem dan tinggi berdasarkan informasi curah hujan dari BMKG," kata Kepala BPBD DKI Jakarta Subejo melalui keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Prakiraan cuaca bisa jadi salah satu pemandu Anda, tapi siapa bisa memberikan kepastian. Mengingat Februari hingga Maret 2020 ini masih masuk musim penghujan, ada baiknya Anda dan keluarga mengambil langkah persiapan menghadapi banjir.

1. Siapkan peralatan

Bersiap hadapi banjir artinya Anda bersiap dengan segala kemungkinan kondisi darurat. Ada beberapa peralatan yang patut disiapkan di rumah yakni, obeng multifungsi, pisau, kabel pengisi daya (charger) ponsel, powerbank, lampu darurat (emergency lamp) dalam kondisi baterai penuh, sepatu bot, jas hujan, juga kunci cadangan baik kunci rumah maupun kunci kendaraan.

2. Amankan dokumen penting

Dokumen-dokumen penting sebaiknya disimpan dalam satu wadah. Berkas ini antara lain bisa seperti akta tanah, akta kelahiran, BPKB dan STNK kendaraan, ijazah juga buku nikah. Untuk dokumen-dokumen berupa lembaran, Anda bisa melapisi dengan plastik mika. Ini bisa dilakukan secara mandiri atau dibawa ke jasa press/laminating di tukang photo copy.

3. Pindahkan peralatan elektronik

Peralatan elektronik sangat rentan terhadap air terlebih air banjir. Pastikan alat-alat elektronik berada di tempat yang lebih tinggi dari sebelumnya. Ini berlaku untuk alat elektronik yang biasa diletakkan di lantai semisal kulkas, kipas angin, atau speaker.

Jika kurang memungkinkan untuk diletakkan di lantai 2 rumah, paling tidak peralatan elektronik tidak langsung menyentuh lantai. Anda bisa meletakkannya pada meja atau kursi sementara waktu.

4. Siapkan logistik makanan

Banjir sangat mungkin membuat Anda terputus dari suplai makanan dan air minum. Paling tidak, Anda menyiapkan makanan dan air minum yang cukup untuk seluruh penghuni rumah selama tiga hari.

Untuk makanan, siapkan makanan yang tidak mudah rusak dan praktis tanpa harus dimasak. Air bisa disimpan di galon mini yang mudah dipindahkan. Makanan sebaiknya disimpan di kontainer plastik antiair.

7 Langkah Persiapan Hadapi BanjirIlustrasi: Jika memiliki hewan peliharaan, siapkan stok logistik baik saat bertahan di rumah ataupun dievakuasi. (Foto: Septianda Perdana)

5. Memastikan keamanan hewan peliharaan

Jika memiliki hewan peliharaan, siapkan apa yang jadi kebutuhannya baik saat bisa bertahan di rumah maupun saat harus dibawa evakuasi. Tempatkan hewan perliharaan di tempat yang lebih tinggi beserta makanan dan minuman. Seperti Anda dan keluarga, siapkan logistik makanan paling tidak untuk tiga hari.

Tak ada salahnya Anda menyiapkan kontainer hewan sehingga ini memudahkan Anda saat membawa hewan kesayangan saat evakuasi.

6. Catat nomor penting

Sebaiknya, catat nomor-nomor penting seperti nomor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, rumah sakit, kepolisian juga Basarnas. Selain itu, catat juga kontak keluarga atau kerabat yang berada di luar wilayah terdampak banjir. Ini penting sebab pihak ini yang bisa memantau kondisi Anda dan keluarga.

7. Pantau informasi

Kepala Pusat dan Data Informasi BNPB Agus Wibowo Doni Monardo mengimbau warga untuk terus memantau informasi perkiraan cuaca untuk antisipasi banjir. Prediksi di awal kadang tak selalu tepat sehingga ada baiknya pantaunya lebih sering dilakukan.

 (els/NMA/cnn/bua)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

Editor : bua
Uploader : MG
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU