5 Tanda-tanda Awal Kehamilan

  • 02-03-2020 / 15:04 WIB
  • Kategori:lifestyle
5 Tanda-tanda Awal Kehamilan

Malangpostonline.com-- Hamil dapat diketahui dengan munculnya tanda-tanda awal kehamilan, bahkan sebelum melakukan uji test pack atau pengecekan ke dokter. Kehamilan merupakan perubahan besar sehingga tubuh memunculkan reaksi.

Kenali 5 gejala awal kehamilan dan alasan di balik munculnya tanda-tanda itu.

1. Tidak datang bulan

Tidak datang bulan merupakan gejala awal kehamilan. Tidak menstruasi berarti sel telur telah berhasil dibuahi sehingga tak ada lagi darah yang keluar dari rahim melalui vagina.

Namun, perlu diketahui, tak semua haid yang terlambat disebabkan karena kehamilan, terutama bagi yang memiliki siklus haid tidak teratur.

2. Perubahan payudara

Pengaruh hormon di masa awal kandungan membuat sejumlah perubahan terjadi pada payudara. Dikutip dari Mayo Clinic, payudara akan terasa sensitif, sakit, tidak nyaman, dan membesar. Ketidaknyamanan pada payudara akan berkurang setelah beberapa minggu karena tubuh akan menyesuaikan diri dengan perubahan hormon.

3. Mual

Mual dapat menyerang kapan saja saat awal kehamilan. Perubahan hormon merupakan penyebab munculnya mual. Pada sebagian wanita, mual dapat disertai dengan muntah.

4. Peningkatan buang air kecil

Saat awal kehamilan, tubuh akan lebih sering buang air kecil daripada biasanya. Hal ini terjadi karena saat kehamilan jumlah darah bakal meningkat sehingga ginjal memproses cairan ekstra.

5. Merasa lelah

Kelelahan juga akan meningkat saat masa-masa awal kehamilan. Kelelahan muncul karena kadar hormon progesteron meningkat dan membuat tubuh merasa mengantuk.

Pada setiap ibu hamil, tingkatan tanda dan gejala yang muncul seringkali berbeda. Selain lima tanda-tanda awal kehamilan yang umum terjadi, terdapat pula tanda yang mungkin terjadi pada sebagian orang seperti perubahan suasana hati, perut kembung, bercak darah, kram, konstipasi, hidung tersumbat, dan hilangnya nafsu makan.

(ptj/asr/cnn/bua)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

Editor : bua
Uploader : MG
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU