Justin Bieber Ungkap Tengah Berjuang Lawan Penyakit Lyme

  • 09-01-2020 / 11:11 WIB
  • Kategori:music and movie
Justin Bieber Ungkap Tengah Berjuang Lawan Penyakit Lyme Justin Bieber mengakui dirinya menderita sakit Lyme melalui unggahan di Instagram, Kamis (9/1). (Foto: Stuart Franklin/Getty Images/AFP) Jakarta, CNN

Malangpostonline.com - Justin Bieber baru-baru ini mengungkap bahwa dirinya didiagnosa menderita penyakit Lyme (Lyme disease) lewat sebuah unggahan di Instagram pada Kamis (9/1). Dia menyampaikan hal ini setelah merasa terganggu dengan ragam tuduhan orang akan penampilannya.

"Sementara banyak orang terus mengatakan Justin Bieber terlihat seperti sampah, menggunakan methamphetamine, dan lain-lain. Mereka gagal menyadari bahwa saya baru-baru ini didiagnosis dengan penyakit Lyme, tidak hanya itu tetapi juga kasus serius mono kronis yang mempengaruhi saya, kulit, fungsi otak, energi, dan kesehatan secara keseluruhan," tulis Bieber.

Lebih lanjut, pelantun Sorry itu kemudian mengatakan bahwa penjelasan lebih dalam tentang diagnosa ini akan ia ungkap lewat seri dokumen tentang dirinya di YouTube.

"Kalian bisa mempelajari semua yang telah saya perjuangkan dan MENGATASINYA!! Beberapa tahun yang sulit tetapi mendapatkan perawatan yang tepat akan membantu mengobati penyakit yang sejauh ini tak tersembuhkan. Saya akan kembali dan lebih baik dari sebelumnya," lanjut Bieber, dikutip dari CNN Indonesia.

Kabar ini disampaikan Bieber setelah merilis lagu solo pertama, Yummy, setelah hiatus lebih dari empat tahun.

Penyakit Lyme adalah sakit peradangan akut yang ditandai dengan perubahan kulit, peradangan sendi, dan gejala yang menyerupai flu. Pada 1975 penyakit ini mulai dikenal, yakni ketika sekumpulan kasus terjadi pada sekelompok orang di Lyme, Connecticut.

Penyakit Lyme biasanya terjadi pada saat musim panas dan awal musim gugur, disebabkan oleh bakteri Borrelia burgdorferi. Seringkali menyerang anak-anak dan dewasa muda yang tinggal di daerah perhutanan.

Gejala penyakit ini dimulai dengan adanya bintik merah yang lebar di kulit. Gejala lain berupa kelelahan, menggigil dan demam, sakit kepala, sakit pada otot dan sendi.

Beberapa minggu atau bulan setelah gejala pertama muncul, biasanya terjadi kelainan fungsi saraf pada sekitar 15 persen penderita, yang akan berlangsung beberapa bulan. Jika penderita langsung mengobati permasalahan sejak gejala pertama, biasanya sembuh total. Sakit Lyme kerap dialami oleh penduduk di Eropa dan AS.

Sebelum Justin Bieber, penyanyi Avril Lavigne juga diketahui pernah menderita sakit yang sama. (agn/rea/cnn/bua)

Editor : bua
Uploader : rois
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU