5 Drama Korea Tentang Korea Utara

  • 09-01-2020 / 19:24 WIB
  • Kategori:music and movie
5 Drama Korea Tentang Korea Utara Drakor Crash Landing on You adalah salah satu yang memasukkan Korea Utara sebagai latar cerita. (Foto: dok. tvN)

Malangpostonline.com - Konten Korea Utara di dalam drama Korea Selatan beberapa waktu belakangan tengah menuai kontroversi. Beberapa pihak menilai apa yang ditampilkan dalam drama seolah menunjukkan Korea Utara sebagai negara normal, bahkan ideal.

Padahal, Korea Selatan dan Utara memiliki ketegangan diplomatik dan militer usai Perang Korea yang berlangsung pada 1950-1953 dan akhirnya memisahkan negara-negara tersebut.

Berikut lima drama Korea Selatan yang menjadikan Korea Utara sebagai bagian cerita, dikutip dari CNN Indonesia.

Joint Security Area (2000)

Drama ini berlatar di Bridge of No Return di Panmunjom, zona demiliterisasi antara Korea Utara dan Korea Selatan. Suatu hari, dua penjaga perbatasan terbunuh oleh peluru senapan. Tersangka penembak jitu adalah seorang tentara Korea Selatan (Lee Byung-Hun), yang ditemukan terluka di tengah-tengah tanah tak bertuan.

Masing-masing pihak, Korea Utara dan Korea Selatan menganggap insiden itu sebagai tindakan provokasi yang disengaja. Korea Utara menuduh Korea Selatan melakukan 'serangan teroris', sementara Korea Selatan mencurigai Korea Utara melakukan 'penculikan'. Kedua belah pihak meminta bantuan pihak berwenang dari negara netral (NNSC) untuk menyelidiki kasus itu.

Seorang kapten tentara wanita Swiss (Lee Yeong-Ae) keturunan Korea kemudian dikirim ke Panmunjom untuk menyelidiki kematian penjaga perbatasan Korea Utara. Dari sana, segalanya jadi makin rumit.

5 Drama Korea Tentang Korea Utara, Crash Landing on YouJoint Security Area menawarkan cerita kompleks tentang Korea Utara dan Selatan. (dok. CJ Entertainment via imdb)

 

The King 2 Hearts (2012)

Drama ini menggambarkan kembali Korea Selatan sebagai monarki yang diperintah oleh keturunan dari Dinasti Joseon. Dalam upaya membangun hubungan persahabatan dengan Korea Utara, putra mahkota Lee Jae Ha (Lee Seung Gi) dikirim ke militer, di mana ia bertemu Kim Hang Ah (Ha Ji Won), putri seorang pejabat tinggi militer.

Meskipun di awal terlihat bermusuhan satu sama lain, namun keduanya akhirnya berteman dan bertunangan. Masalah kemudian dimulai ketika terjadi pembunuhan yang menantang Jae Ha dan Hang Ah untuk memilih antara cinta dan kesetiaan. The King 2 Hearts menggunakan politik sebagai fokus utama untuk menggerakkan cerita, tapi tetap menunjukkan sisi romansa yang masih manusiawi.

 

Doctor Stranger (2014)

Drama ini mengisahkan perjalanan Park Hoon (Lee Jong Suk) yang terpaksa menghabiskan waktu di Korea Utara setelah dia dan ayahnya ditipu untuk mengunjungi tempat itu ketika dirinya masih kecil.

Selama tinggal di sana, ia bertemu dan jatuh cinta dengan Song Jae Hee (Jin Se Yeon), seorang warga Korea Utara yang akhirnya kehilangan kontak setelah Park Hoon melarikan diri kembali ke Korea Selatan.

Bertahun-tahun kemudian, keduanya bertemu lagi di Korea Selatan - Park Hoon adalah seorang dokter jenius yang berusaha menavigasi jalannya melalui ketidakpercayaan dari rekan-rekannya, dan Jae Hee, seorang wanita yang sedang menjalankan misi yang terpaksa harus dia selesaikan.

 

Confidential Assignment (2017)

Drama ini mengisahkan Im Chul-ryung (Hyun-bin) adalah seorang perwira tim investigasi khusus di Korea Utara. Bersama timnya, ia pergi ke sebuah gudang yang dipakai untuk mencetak uang palsu. Ternyata atasan Im Chul-ryung, Cha Ki-sung (Kim Ju-hyeok) di sana untuk mencuri master pencetak uang palsu. Baku tembak terjadi dan dalam prosesnya, Im Chul-ryung tertembak, sementara yang lainnya terbunuh.

Pejabat Korea Utara kemudian mengetahui bahwa Cha Ki-sung melarikan diri ke Korea Selatan. Im Chul-ryung diperintahkan untuk menangkap Cha Ki-sung dan mengambil master yang dicuri. Dia hanya diberi waktu 3 hari untuk menyelesaikan misi itu.

Untuk pertama kalinya, Korea Selatan dan Korea Utara pun memutuskan untuk bekerja sama memburu penjahat. Pejabat Korea Selatan ragu apakah Cha Ki-sung benar-benar pembunuh. Detektif Kang Jin-tae (Yu Hae-jin) dari Seoul diperintahkan untuk menjaga Im Chul-ryung dengan baik saat dia berada di Korea Selatan.

 

Crash Landing on You (2019)

Drakor Crash Landing on You mengisahkan perjalanan cinta pengusaha wanita sukses Korea Selatan Yoon Se-ri (diperankan oleh Son Ye-jin) dengan Ri Jung-hyuk (diperankan oleh Hyun-bin), seorang kapten tentara Korea Utara.

Crash Landing on You dibuka dengan Se-ri yang mengalami kecelakaan paralayang karena tornado dan 'nyasar' di wilayah Korea Utara. Ia ditemukan oleh Kapten Ri dan anak buahnya.

Kapten Ri dan tim berusaha mengembalikan Se-ri ke Korea Selatan secara diam-diam demi menghindari masalah dengan peraturan Korea Utara dan ketegangan antara dua negara. Namun misi tersebut menjadi rumit dengan campur tangan keluarga serta masa lalu Se-ri dan Kapten Ri, tak luput dengan perasaan di antara keduanya. (agn/rea/cnn/bua)

 

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU