Super Show 8, Tur Dunia Super Junior Pasca Wamil

  • 11-01-2020 / 10:36 WIB
  • Kategori:music and movie
Super Show 8, Tur Dunia Super Junior Pasca Wamil Super Show 8 menjadi kesempatan perdana Super Junior tampil lengkap setelah seluruh member selesai wamil bergilir dalam 10 tahun terakhir. (Dok. SM Town)

Malangpostonline.com - Sejak Oktober 2019, salah satu boyband terbesar Korea Selatan, Super Junior memulai tur dunia bertajuk Super Show 8: Infinite Time.

Super Show 8 merupakan tur yang dilakukan untuk mempromosikan album studio kesembilan Super Junior, Time_Slip, yang dirilis pada 14 Oktober 2019.

Super Show 8 sesungguhnya menjadi kesempatan perdana Super Junior untuk tampil lengkap setelah seluruh member menyelesaikan wajib militer secara bergilir dalam 10 tahun terakhir.

Sebab, Kyuhyun selaku member termuda absen dalam Super Show 7 karena sedang menjalani wajib militer dan menyelesaikannya pada 7 Mei 2019.

Namun, Super Show 8 tetap tak akan dihadiri seluruh member Super Junior. Heechul harus absen dari seluruh rangkaian tur dunia Super Show 8 karena alasan kesehatan. Hal tersebut sudah dikonfirmasi Label SJ sejak 30 Agustus 2019.

Melansir CNN Indonesia, Super Show 8 dimulai pada 12 dan 13 Oktober di KSPO Dome, Seoul dengan total penonton lebih dari 28 ribu orang. Tur dilanjutkan ke Saitama Jepang pada 2-4 November dengan total penonton lebih dari 100 ribu orang.

Delapan member Super Junior, Leeteuk, Yesung, Shindong, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook dan Kyuhyun juga mengunjungi Thailand dan Filipina pada November dan Desember 2019.

Pada Januari 2019, Indonesia akan menjadi tujuan pertama Super Junior untuk Super Show 8 yang berlanjut ke China.

Super Show 8 akan ditutup di Saitama Jepang dengan konser dua hari berturut-turut pada 25-26 Maret 2020. Hal itu menandakan Super Junior menggelar 18 konser dalam kurun waktu enam bulan.

Terdapat sejumlah perbedaan antara Super Show 8 dengan Super Show 7 dan 7s yang digelar Super Junior pada 2017-2019. Salah satunya adalah cakupan negara tujuan konser.

Super Show 8 lebih fokus di Asia. Sementara itu, Super Show 7 juga digelar di Amerika Latin seperti Argentina, Peru, Chile, dan Meksiko. Super Junior bahkan menyambangi fan di Arab Saudi dalam Super Show 7s.

 

Kala itu, Super Junior memang merilis lagu bernuansa Latin lewat lagu Lo Siento bersama Leslie Grace yang kemudian diikuti One More Time hasil kolaborasi dengan REIK.

Selain cakupan, Super Show 8 sepenuhnya menjadi panggung Super Junior. Mulai dari tur di Korea hingga Filipina pada 15 Desember 2019, tak ada tampilan kolaborasi dalam konser tersebut.

Sementara itu, Super Junior menampilkan sejumlah kolaborasi dalam Super Show 7 dan 7s seperti tampil bersama Play-N-Skillz saat tampil di Peru, Chile dan Meksiko. Leslie Grace juga turut tampil ketika Super Junior singgah di sejumlah kota Amerika Latin.

Tak hanya itu, dua member Super Junior yakni Yesung dan Ryeowook sempat berkolaborasi dengan Rossa menyanyikan Tegar dalam Super Show 7S. Rossa bahkan menjadi bintang tamu dan menyanyikan Pudar dalam konser tersebut. (chri/end/cnn/bua)

Editor : bua
Uploader : rois
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU