Saluran Air Penuh Tanah dan Ilalang Dikeruk

  • 31-08-2019 / 17:24 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Saluran Air Penuh Tanah dan Ilalang Dikeruk Petugas dari UPTĀ  Bina Marga, Kabupaten Malang mengeruk tanah yang ada di saluran air Jalan PerumĀ  Asrikaton, Pakis.

MALANGPOSTONLINE.COM - Mengantisipasi datangnya musim penghujan, sejumlah saluran air di Kabupaten Malang mulai dikeruk. Salah satunya pengerukan dilakukan di saluran air, Jalan Perum Asrikaton, Kecamatan Pakis. Pengerukan dilakukan sejak Jumat (30/8).

Kepala Bidang Pemeliharaan, Dinas PU Bina Marga, Kabupaten Malang, Suwiknyo mengatakan, pengerukan dilakukan untuk menormalisasi saluran air. Dengan pengerukan yang dilakukan, air dapat mengalir dengan lancar. Terlebih saat musim penghujan diharapkan, air tidak sampai ke jalan.

Suwiknyo mengatakan, di Jalan Asrikaton ini salah satu wilayah yang menjadi prioritas untuk pembenahan saluran airnya. Karena hampir setiap hujan turun, air air membanjiri jalan. Bahkan tingginya bisa sampai 60 centimeter.

Hal ini juga yang disampaikan oleh Suwandi, salah satu warga. Kepada Malangpostonline, Suwandi mengatakan, setiap musim hujan, air langsung menggenang di jalan. "Musim hujan kemarin itu paling parah. Pernah tinggi air sampai dengan satu meter. Banyak pengendara kendaraan tidak mau lewat untuk menerjang genangan air, lantaran was-was mesin kendaraannys msti akibat kemasukkan air," ungkap Suwandi.

Dia juga menjelaskan, jika tidak musim penghujan, saluran air ini kering. Sehingga banyak tumbuhan yang tumbuh di dalam saluran air tersebut. "Tanahnya juga tebal di dalam saluran air," katanya.

Dengan adanya pengerukan ini, dia pun berharap saluran air dapat berfungsi baik. Dan tentunya,setelah dikeruk, saluran air ini dapat menampung air hujan, sehingga tidak ada genangan air saat musim penghujan mulai mengguyur nanti," katanya.

Pengerukan saluran air sendiri tidak dilakukan secara manual. Tapi UPT Bina Marga Kabupaten Malang mendatangkan alat berat. Harapannya dengan alat berat pekerjaan pengerukan pun lebih cepat.

Terlebih tidak hanya saluran air di  Pakis saja yang ditangani Dinas PU Bina Marga Tapi juga dibeberapa lain. Apalagi target Dinas PU Bina Marga, sebelum musim penghujan datang, seluruh saluran air selesai ditangani.(ira/Malangpostonline.com)

Editor : ira
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU