Girder Jembatan Ampeldento Dipasang

  • 31-08-2019 / 19:31 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Girder Jembatan Ampeldento Dipasang Girder jembatan di Jalan Ampeldento telah terpasang. Jembatan Ampeldento merupakan bagian seksi V tol Malang - Pandaan

MALANGPOSTONLINE.COM - Pembangunan seksi V tol Malang-Pandaan terus dikebut. PT Jasa Marga Pandaan Malang tidak hanya melakukan pengerasan struktur. Tapi juga memasang girder jembatan. Terakhir girder jembatan dipasang di Jalan Ampeldento. Ada 16 girder yang dipasang di jembatan dengan bentang 40 meter tersebut.

"Alhamdulillah sudah terpasang. Tinggal dua yang belum, mungkin nanti malam," kata Direktur Teknik PT Jasa Marga Pandaan Malang, Siswantono. Dihubungi Malangpostonline.com, Siswantono menyebutkan pemasangan girder dikerjakan sejak Kamis (29/8) malam lalu. Pemasangan dilakukan malam hari, dengan alasan tidak mengganggu arus lalulintas.

"Sebelum pemasangan kami lebih dulu berkoordinasi dengan Polsek Pakis. Karena saat pemasangan girder, jalan harus ditutup total. ini alasan kami, memasang girder malam hari," ungkapnya.

Dia juga mengatakan, pemasangan girder dilakukan mulai pukul 00.00. "Karena jalan disana cukup padat. Meskipun malam hari juga padat. Makanya dilakukan malam hari," tambahnya.

Sementara ini dikatakan Siswantono jembatan di Jalan Ampeldento harusnya terpasang 18 girder. Namun. Sekarang baru 16 girder. Rencananya pemasangan dua girder diilakukan malam ini (Sabtu malam).

"Setelah pemasangan girder selesai, dilanjutkan dengan melakukan diafragma. Diafragma adalah memasang alat pengait untuk menyambungkan antar girder. Setelah itu, dilakukan pemasangan plat di atas girder, untuk selanjutnya bagIan atasnya di aspal," ungkapnya.

Dengan terpasangnya girder di jembatan Ampeldento, maka selesai pihak PT Jasa Marga Pandaan Malang membangun jembatan di seksi V Tol mapan.

"Total jembatang di seksi V ini ada tiga. Dua di wilayah Semoro-kandang dan Madyopuro, satu di Ampeldento. Dan alhamdulillah sudah selesai," tambah pria asli Batu ini.

Disinggung sejauh mana pembangunan di lakukan, Siswantono mengaku sudah mencapai 65 persen. Saat ini menurut Siswantono selain menyelesaikan pengerjaan jembatan, dan pengerasan struktur, pihaknya juga memasang scantpile di batas Sungai Amprong, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis. Scantplie dipasang untuk menahan air agar tidak menggerus tanah. "Karena ada situs Sekaran akhirnya area tol pun bergeser. dan pergeseran itu sampai pada arah sungai. Agar aman, di batas  sungai di pasang dengan scantpile," urainya.

Siswantono juga mengatakan, pembangunan seksi V tol Mapan akan selesai November mendatang. Namun pembangunan itu sampai dengan Jembatan Amprong 2 tol Mapan.

"Belum bisa semuanya, karena masih terkendala dengan lahan yang belum terbebaskan. Terutama di wilayah Madyopuro," tandasnya. (ira/Malangpostonline.com)

Editor : ira
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU