Sertijab 11 Kades, Camat Kepanjen Tekankan Sinergi dan Pendampingan

  • 03-09-2019 / 23:56 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Sertijab 11 Kades, Camat Kepanjen Tekankan Sinergi dan Pendampingan

MALANGPOSTONLINE.COM - Usai resmi dilantik Plt Bupati Malang serentak bersamaan 269 kepala desa terpilih akhir Agustus 2019 lalu, dilakukan serah terima jabatan kades wilayah kecamatan Kepanjen, Senin (2/9/2019) malam.

Acara sertijab ini digelar di hall RM Bojana Puri Kepanjen dan diikuti 11 kades terpilih juga mantan kades lama. Dalam sertijab ini, dilakukan penyerahan memori mantan pejabat kades lama dan penandatanganan berita acara di depan Camat Kepanjen, disaksikan pejabat Muspika setempat.

"Setelah sertijab, kami minta 11 kades baru secepatnya melakukan sinergi dan koordinasi, dan langsung pelayanan pada masyarakat. Visi misi yang sudah dinyatakan harus menjadi patokan dalam merencanakan program bersama," demikian Camat Kepanjen, Abai Saleh, di kantornya, Selasa (3/9).

Diantara 11 kades baru ini, lanjut Abai Saleh, ia bahkan memberikan penekanan khusus dan mewanti-wanti agar bisa melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin. Yakni, kepada empat kades yang memang masih minim pengalaman di pemerintahan desa, seperti kades Tegalsari, Jenggolo, Mangunrejo dan Ngadilangkung.

"Saya tekankan semua kades tidak gampang memutuskan sendiri kebijakan apapun. Terlebih, terhadap empat kades baru tersebut memang masih perlu dikawal. Bila perlu diberi pendampingan khusus selama dua bulan dari kecamatan," tegas Camat Abai Saleh.

Ditegaskan, koordinasi yang dimaksud seperti evaluasi dan penataan ke dalam. Juga mempelajari memori dari kades lama yang diterima, supaya jika terjadi kendala yang didapati bisa segera dikonsultasikan dan dipecahkan bersama pihak kecamatan.

"Selama satu sampai dua pekan ke depan memori kami periksa, untuk memastikan ada tidaknya persoalan. Ini menyangkut misalnya aset desa, baik bergerak atau tidak bergerak," beber Camat Abai.

Agar bisa lebih memahami tugas dan perannya, menurut Abai, akan dilakukan pembinaan melalui kasi pemerintahan. Ini juga menyangkut pemanfaatan Dana Desa/Alokasi Dana Desa yang bakal dicairkan dalam waktu dekat untuk tahap 3.

"Kami perintahkan setiap kades mempelajari betul memori dari kades sebelumnya. Yang berkaitan dengan Dana Desa, tentunya ini disesuikan kebijakan dinas terkait. Jadi, harus dikoordinasikan dulu," demikian Abai Saleh. (amn/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU