Kades Baru Langsung Susun Program Kerja, Tunggu Pencairan DD Tahap III

  • 04-09-2019 / 11:02 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Kades Baru Langsung Susun Program Kerja, Tunggu Pencairan DD Tahap III

MALANG - Penyusunan program kerja menjadi pekerjaan mendesak 269 kepala desa terpilih pilkades serentak usai dilantik Plt Bupati Malang akhir Agustus 2019 lau. Realisasi program ini juga menunggu dukungan Dana Desa/Alokasi Dana Desa (DD/ADD).

"Secepatnya kami perintahkan kades baru terpilih membuat program kerja sesuai visi-misinya. Sambil penataan ke dalam, tetap libatkan semua tokoh masyarakat desa masing-masing," kata Camat Kepanjen, Abai Saleh, di kantornya, Selasa (3/9) sore. 

Camat Kepanjen, Abai Saleh

Di wilayah kecamatan Kepanjen sendiri, ada 11 kades baru terpilih yang menggantikan kades lama. Dari jumlah ini, empat diantaranya kades yang belum sama sekali berpengalaman di pemerintahan desa. 

Abai Saleh menegaskan, soal pemanfaatan DD/ADD pihaknya meminta kades baru untuk benar-benar memahami ketentuan peruntukan dan tepat dalam penggunaannya. Termasuk, kewajiban alokasi 13,3 persen untuk pencegahan stunting. 

"Segera kami lakukan pembinaan terkait pemanfaatan DD/ADD ini. Semua bendahara desa harus hadir, termasuk Desa Dilem dan Sukoraharjo yang masuk angka stunting tertinggi di Kepanjen," tegas Abai Saleh. 

Dikonfirmasi malangpostonline.com, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa H Suwaji menyatakan, saat ini Dana Desa tahap III tengah dalam proses pencairan. Sementara, ADD pencairannya hanya dua tahap, dan sudah realisasi tahap II dan hampir tuntas. Total dana DD/ADD 2019 pada 269 desa yang baru saja berganti kades baru sendiri lebih dari Rp 397,6 miliar. 

Rinciannya, Dana Desa tahap I sudah dicairkan Februari dan tahap II pada Juli 2019. Realisasi DD menyisakan 40 persen dari pagu anggaran pada tahap 3, atau masih sekitar 60% yang sudah dicairkan. (amn/malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU