Kenalkan Budaya Lewat Festival Mewarna

  • 04-09-2019 / 16:49 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Kenalkan Budaya Lewat Festival Mewarna MEWARNAI: Anak-anak Paud ketika serius memberi warna pada topeng, saat mengikuti Festival Mewarnai Topeng Malangan Gunung Sari.

MALANG - 'Siapa mau buku? Makanya mewarnai yang bagus ya'. Ucap salah satu panitia memberi semangat kepada anak-anak PAUD yang menjadi peserta Festival Mewarnai Topeng Malangan Gunung Sari di halaman Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Rabu (4/9) siang.

"Ayo jangan terburu-buru memberi warnanya. Kasih warna yang bagus, supaya nanti mendapat hadiah buku," sambung panitia tersebut.

Festival Mewarnai Topeng Malangan Gunung Sari ini, diadakan oleh PKG PAUD Gemilang Kepanjen, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Kegiatan Festival mewarnai tersebut, dalam rangkaian menyambut Hari Jadi ke-1259 Kabupaten Malang, yang diadakan bersamaan dengan Expo Pembangunan 2019.

Ketua PKG PAUD Gemilang Kepanjen, Sri Nurani, mengatakan festival mewarnai tersebut diikuti sekitar 200 anak PAUD se-Kecamatan Kepanjen. Usianya mulai 3 tahun sampai 6 tahun.

"200 anak yang menjadi peserta festival mewarnai ini, rinciannya 43 anak dari kelompok bermain dan 157 anak dari Taman Kanak-kanak," jelas Sri Nurani.

Menurutnya, Topeng Malangan Gunung Sari, dipilih untuk diwarnai, karena memiliki karakter yang cocok untuk anak-anak. Yakni memiliki kesabaran serta kejujuran yang patut diteladani oleh anak usia dini. "Harapan kami dengan kegiatan festival ini, anak-anak menjadi generasi penerus bangsa dan kenal kebudayaan di wilayah masing-masing. Sekaligus mengangkat destinasi wisata topeng Malang, dan menjadikan anak cinta budaya dan tanah air," terangnya.

Menurutnya, PKG PAUD Gemilang Kepanjen selama ini terus berusaha meningkatkan mutu pendidikan dan profesional guru. Selain menggelar kegiatan yang memancing kreativitas anak, juga mengadakan workshop pemanfaatan barang bekas serta kegiatan penunjang lainnya. (agp/udi/Malangpostonline.com)

Editor : udi
Uploader : irawan
Penulis : agp
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU