Lima Fraksi Ditetapkan, Hanura Gabung Golkar

  • 04-09-2019 / 19:15 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Lima Fraksi Ditetapkan, Hanura Gabung Golkar DIALOG: Pimpinan sementara DPRD Kabupaten Malang bersama ketua fraksi yang baru berbincang untuk membentuk alat kelengkapan DPRD Kabupaten Malang

MALANGPOSTONLINE.COM  -  Rapat perdana digelar anggota DPRD Kabupaten Malang, di ruang rapat paripurna, DPRD Kabupaten Malang. Rapat yang dipimpin pimpinan sementara DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto, sebagai ketua dan Ir Kholiq, sebagai wakil itu untuk menetapkan fraksi.

Ada lima fraksi di DPRD Kabupaten Malang, yakni fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) dengan 12 anggota, fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 12 anggota, fraksi Nasional Demokrat dengan 10 anggota, fraksi Golkar dengan 9 orang, serta fraksi Gerindra dengan 8 orang.

"Ada partai yang tidak memiliki cukup kursi kemudian bergabung. Seperti PPP, yang hanya memiliki 2 kursi dan Partai Demokrat yang hanya memiliki. 1 kursi memilih bergabung dengan Partai NasDem. Jadi total anggota fraksinya 10 orang," kata Didik.

Dia menegaskan, jika Partai NasDem memiliki 7 kursi di DPRD Kabupaten Malang. Begitu juga dengan Partai Hanura tambah Didik yang ditemui usai rapat, hanya memiliki satu kursi. Partai Hanura bergabung dengan Partai Golkar, yang memiliki 8 kursi. Sehingga begitu ditotal jumlahnya menjadi 9 orang anggota fraksi Golongan Karya," ungkap Didik.

Selain menetapkan nama-nama fraksi, rapat ini juga menetapkan nama-nama pengurus fraksi. Setelah fraksi ditetapkan, tahapan selanjutnya adalah, fraksi dapat mengirimkan surat ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk penunjukkan alat kelengkapan DPRD yang lain. Mulai dari komisi, Banleg, Banmus, Banggar dan Badan Kehormatan.

"Termasuk kami, PDI Perjuangan. Berdasarkan surat penetapan ini, kami langsung bersurat ke DPC untuk mengusulkan nama-nama untuk membentuk alat kelengkapan DPRD," ungkapnya.

Didik berharap anggota fraksi tidak berlama-lama. Tujuannya, agar alat kelengkapan DPRD cepat terbentuk, bersama dengan pimpinan definitif," ujarnya.

Menurutnya, waktu yang dibutuhkan untuk membetuk alat kelengkapan DPRD harus segera. "Maksimal 7 hari nama-nama dari DPP masing-masing partai kami terima. Sehingga pekan depan, alat kelengkapan dapat terbentuk, termasuk pimpinan definitifnya," ungkap Didik.

Dia menyebutkan, jika pembentukan alat kelengkapan dewan ini semakin cepat akan semakin baik. Setelah alat kelengkapan dewan terbentuk, anggota DPRD pun bisa langsung bekerja.

Sementara itu Sekretaris DPRD Kabupaten Malang Helijanti Koentari, membenarkan adanya rapat penetapan fraksi.  "Fraksi kemudian menyusun atau merancang tata tertib, serta kode etik. Selain itu, fraksi juga membuat surat ke masing-masing partai untuk mengusulkan nama sebagai ketua definitif," katanya. (ira/udi/Malangpostonline.com)

 

 

Editor : udi
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU