Bakar Daduk, Lahan Tebu Dekat Perkampungan Warga Terbakar

  • 07-09-2019 / 13:47 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Bakar Daduk, Lahan Tebu Dekat Perkampungan Warga Terbakar Petugas ketika berusaha memadamkan api yang membakar lahan tebu.

MALANGPOSTONLINE.COM - Masyarakat sekitar Perum Griya Kebonagung Indah, Dusun Sememek, Desa Kebonagung, Pakisaji, Jumat (6/9) malam gempar. Warga heboh dengan kobaran api yang membakar lahan tebu di dekat lokasi perumahan. Kepanikan warga lantaran takut api menjalar ke perumahan milik warga.

Beruntung, api yang sudah membesar berhasil dijinakkan. Petugas PMK Kabupaten Malang berhasil memadamkan dengan melakukan pembasahan. Sehingga api tidak sampai menjalar ke perkampungan warga.

"Ada empat unit armada PMK yang kami kerahkan ke lokasi. Tiga unit dari PMK Kabupaten Malang, serta satu unit dibantu oleh PG. Kebonagung," ujar Kepala Seksi Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Malang, Agus Suyanto.

Peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 19.00. Penyebab kebakaran diduga dari seroang warga yang membakar daduk (daun tebu kering, red), setelah selesai panen. Setelah membakar daduk, bukannya ditunggu malah ditinggal pergi.

Ketika ditinggal itulah, api menjalar ke lahan lainnya. Angin yang berhembus kencang, membuat api cepat merambat dan kobaran api semakin membesar.

Kebakaran diketahui setelah warga melihat ada kepulan asap tebal, yang kemudian diikuti dengan api menjalar. Melihat ada kebakaran, saksi lantas memberitahui perangkat desa.

Kejadian itu selanjutnya diteruskan ke Polsek Pakisaji dan menghubungi petugas PMK Kabupaten Malang. Setelah hampir tiga jam melakukan pembasahan, api akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.45.

"Luas lahan tebu yang terbakar sekitar 4 hektare. Api bisa cepat dipadamkan, sehingga tidak sampai merambat ke perkampungan warga," jelas Agus Suyanto.(agp/Malangpostonline.com)

Editor : agp
Uploader : slatem
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU