Banyak Truk Tak Laik Jalan Terjaring Operasi

  • 09-09-2019 / 21:26 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Banyak Truk Tak Laik Jalan Terjaring Operasi PERIKSA:  Petugas gabungan ketika melakukan pemeriksaan kendaraan truk, untuk antisipasi terjadinya kecelakaan.

MALANG – Operasi gabungan digelar Polres Malang bersama Dishub di Jembatan Timbang Singosari, Senin (9/9) kemarin. Sasarannya selain truk, juga kendaraan besar yang berpotensi menjadi penyebab kecelakaan. Semua kendaraan truk atau kendaraan bermuatan barang dihentikan dan diperiksa, mulai dari muatan yang berlebihan serta kelayakan kendaraan.

Selain Polres dan Dishub, operasi gabungan ini juga melibatkan Kementerian Perhubungan, Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Provinsi Jawa Timur dan Unit Pelayanan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Singosari.

"Kegiatan operasi gabungan ini, untuk menekan angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Malang. Terutama yang disebabkan oleh kendaraan besar seperti truk," jelas Kanit Turjawali Satlantas Polres Malang, Ipda Ahmad Taufik.

Mantan Kasubag Humas Polres Malang ini mengatakan, beberapa kecelakaan yang terjadi selama ini, karena disebabkan kendaraan truk. Salah satu permasalahannya akibat rem blong.

"Banyak kejadian kecelakaan yang disebabkan karena kendaraan truk tidak laik jalan. Untuk antisipasi, maka kami lakukan operasi gabungan," ujarnya.

Terpisah, Koordinator UPPKB Singosari, Bambang Kartika menyampaikan, dalam kegiatan kali ini, pihaknya telah melakukan penindakan beberapa kendaraan truk yang dinilai tidak laik jalan.

"Hasil kegiatan operasi ini, kami temukan banyak kendaraan yang tidak laik secara teknis, seperti masa uji kir mati, dan kendaraan yang memiliki ukuran bak melebihi dari ketentuan kir," tutur Bambang Kartika.

Dikatakannya, setiap hari pihaknya juga menindak rata-rata 15 kendaraan yang melanggar. Pelanggarannya karena uji kelaikan yang tidak sesuai, serta cover dimensi atau ukuran bak truk.(agp/aim/Malangpostonline.com)

Editor : aim
Uploader : slatem
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU