Pemkab Bangun GOR Indoor, Tampung Enam Cabor

  • 11-09-2019 / 18:19 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Pemkab Bangun GOR Indoor, Tampung Enam Cabor GOR INDOOR: Pembangunan pondasi GOR Indoor sudah selesai dilanjutkan pembangunan fisikĀ  di kawasan Stadion Kanjuruhan.

KEPANJEN – Tidak lama lagi, Kabupaten Malang akan memiliki Gedung Olah Raga (GOR) Indoor. Gedung ini dibangun di kawasan Stadion Kanjuruhan, sejak akhir Juli lalu, menggunakan dana dari DAK (Dana Alokasi Khusus). ”Sekarang sudah mencapai 40 persen. Targetnya akhir tahun sudah selesai pekerjaannya,’’ kata Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Kabupaten Malang, Abdul Haris, Rabu (11/9).

Dia menyebutkan, GOR Indoor itu dibangun menggunakan dana bantuan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga. ”Kami menerima paket untuk pembangunan GOR Indoor senilai Rp 15.7 Miliar. Berupa gedung dan fasilitas,’’ ungkap Haris.

Haris menyebutkan, pembangunan GOR Indoor ini berawal dari usulan Pemerintah Kabupaten Malang ke Pemerintah Pusat (Kementrian Pemuda dan Olahraga) pada tahun 2017 lalu. Usulan itu ditindak lanjuti. Tim dari Kemenpora melakukan uji verifikasi. ”Kami lulus verifikasi, sehingga mendapat bantuan untuk pembangunan gedung ini. Secara fisik, gedung sudah mulai dibangun,’’ tambahnya.

Gedung yang dibangun di kawasan Stadion Kanjuruhan itu menggunakan tanah milik Pemerintah Kabupaten Malang. Haris juga menjelaskan, GOR Indoor tersebut adalah GOR tipe B dengan pembangunan berkelanjutan. ”Artinya berkelanjutan, setelah fisik dan fasilitas tersedia, kelengkapan lainnya disokong oleh APBD. Sehingga begitu jadi, GOR ini betul-betul sempurna,’’ ungkapnya.

Di GOR juga dilengkapi dengan tribun berkapasitas 3000 penonton, serta  tempat ganti atlet, juga beberapa ruang kantor. GOR tersebut akan menampung enam cabang olahraga. Yakni Futsal, Bulutangkis, Voli, Sepak Takraw, Tenis Lapangan serta Basket. Saat operasional, GOR Indoor ini dapat digunakan warga Kabupaten Malang secara gratis.

Dia menguraikan, keberadaan GOR Indoor itu penting, lantaran selama ini tidak ada GOR Indoor di Kabupaten Malang sebelumnya. Dengan adanya gedung olahraga tersebut, akan memudahkan pemerintah Kabupaten Malang dalam pembinaan atlet. Apalagi mengutamakan pendidikan, terutama siswa sekolah, yang berolahraga menggunakan gedung tertutup, dapat memanfaatkan GOR Indoor sebagai tempat berlatih secara gratis.

Dengan tempat berlatih khusus ini, Pemkab Malang berharap mudah mencetak atlet. Terlebih, selain digunakan berlatih, gedung juga digunakan untuk kompetisi. Baik kompetisi tingkat daerah, maupun regional. ”Jadi nanti saat Kabupaten Malang menggelar kejuaraan, membutuhkan tempat pertandingan tertutup tidak perlu sewa lagi. Di GOR Indoor itu bisa digunakan secara gratis,’’ pungkasnya. (ira/udi/Malangpostonline.com)

Editor : udi
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU