Gugah Kesadaran Bayar Pajak, Bapenda Kenalkan Si Panji

  • 12-09-2019 / 20:30 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Gugah Kesadaran Bayar Pajak, Bapenda Kenalkan Si Panji SOSIALISASI: Kepada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Malang dengan bangga menunjukkan aplikasi Si Panji untuk memberikan kemudahan pendaftaran, pelaporan dan pembayaran pajak daerah.

MALANG – Sejak Maret 2019 lalu, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang memiliki aplikasi layanan pajak berbasis online. Bernama Sistem Informasi Pengelolaan Pajak Mandiri (Si Panji), aplikasi ini memberikan kemudahan kepada masyarakat, terkait pendaftaran, pelaporan dan pembayaran pajak daerah.

”Jadi dengan Si Panji, wajib pajak tidak perlu lagi datang ke kantor Bapenda untuk daftar atau membuat laporan pajak. Cukup di rumah, dengan HP semua sudah bisa dilakukan. Karena layanan ini selain online juga real time,’’ kata Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Purnadi.

Ditemui disela-sela kegiatan verifikasi tim validasi IGA  2019 di Pendopo Kabupaten Malang, Purnadi mengatakan real time yang dimaksud adalah, wajib pajak bisa mendaftar dan membuat pelaporan kapan saja. ”Bisa pagi hari, siang, sore bahkan tengah malam. Pendaftaran dan pelaporannya sangat mudah,’’ kata Purnadi.

Menurutnya, untuk mendapatkan layanan tersebut, wajib pajak cukup masuk di www.sipanji.id. Dari website tersebut akan ada panduan, jenis pajak yang akan dibayarkan. ”Contoh, pajak hotel, cukup masuk ke menu hotel. Begitu menu dipilih, seketika langsung muncul user name dan pasword,’’ kata Purnadi yang mengatakan, pasword untuk Nomor Objek Pajak Daerah. Setelah verifikasi berhasil, Wajib Pajak lebih dulu menuliskan omzet. Dari situlah, besaran pajak yang harus dibayarkan pun dapat terlihat.

”Setelah semua proses itu dilalui, wajib pajak akan mendapatkan code billing. Code billing inilah yang nanti ditunjukkan kepada petugas bank saat wajib pajak melakukan pembayaran,’’ tambah Purnadi. Pembayaran pajak ini juga dapat dilakukan menggunakan m-Banking.

”Jadi sudah tidak perlu lagi datang dan mengisi secara manual. Karena semuanya bisa instan, karena layanan ini berbasis online. Termasuk wajib pajak yang berada di luar daerah pun tidak perlu buru-buru pulang untuk mendaftar atau melaporkan pajaknya,’’ ungkap Purnadi.

Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang ini menyebutkan, layanan ini semakin mudah, karena dapat diunduh melalui android. ”Untuk aplikasinya namanya adapah WP Priority. Isinya sama seperti di atas. Wajib pajak langsung bisa mendaftar dan melaporkan pajaknya secara online,’’ ungkap mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ini.

Sementara itu, sejak Maret hingga September, Purnadi menyebutkan ada peningkatan 60 persen warga dalam hal membayar pajak. Purnadi mengaku, pihaknya terus berupaya untuk menyempurnakan aplikasi tersebut, guna memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

”Kami terus berbenah dan menyempurnakan. Intinya dengan aplikasi ini masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan terkait. Harapannya dengan aplikasi ini, tingkat keseadaran masyarakat dalam membayar pajak semakin tinggi,’’ pungkasnya. (ira/udi/Malangpostonline.com)

Editor : udi
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU